Pengaruh Iklan Bukalapak Versi ‘Nego Cincai’ Terhadap Brand Awareness di Kalangan Mahasiswa Bina Nusantara

Rika Rika

Abstract


Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, cara berbisnis melalui jaringan internetpun semakin berkembang. Dunia bisnis mulai beralih ke arah e-commerce. Salah satu toko online yang saat ini sedang berkembang adalah Bukalapak. Bukalapak melakukan inovasi melalui iklan yang menarik untuk meningkatkan kesadaran mereknya  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Iklan Bukalapak versi ‘Nego Cincai’ terhadap kesadaran merk website Bukalapak dan seberapa besarnya terhadap mahasiswa/i jurusan Marketing Communication Universitas Bina Nusantara angkatan 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitaif dengan menggunakan metode kuesioner sebagai instrumen pengukur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa/i  jurusan Marketing Communication Universitas Bina Nusantara. Jumlah sampel diambil menggunakan rumus Slovin dan penarikan sampel menggunakan teknik non probabilitas yaitu purposive sampling. Ukuran sampel sebanyak 79 orang dan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana. Hasil yang diperoleh menyatakan bahwa variabel iklan mempengaruhi variabel brand awareness sebesar 60,5% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini.


Keywords


Iklan; Kesadaran Merek; Bukalapak

References


Aaker, A. David. (2006). Managing Brand Equity:Capitalizing on the value of abrand name.New York : Free Press.

Shimp, Terence A. (2000). Integrated Marketing Communication in Adveritising and Promotion.(Edisi ke-7). New York : McGrawHill.

Susanto, Eko Harry. (2014). Dinamika Pesan Iklan. Jurnal Komunikasi, 6, 2, 1-7. Retrieved from: http ://journal.tarumanagara.ac.id/index.php/FIKOM/article/viewArticle/1721


Refbacks

  • There are currently no refbacks.