Makna Tersembunyi Pesan Iklan Perusahaan Travel Berbasis Online Menggunakan Talent Pemuda (Analisis Semiotika Terhadap Iklan Traveloka)

Nikky Nikky

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna tersembunyi yang terkandung dalam iklan Traveloka versi Bungee Jumping yang dirilis di tahun 2014, melalui penafsiran tanda. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan analisis semiotika. Acuan dalam penelitian ini adalah semiotika Charles Sanders Pierce menggunakan teori segitiga makna (sign, object dan interpretant). Dalam penelitian ini ditemukan bahwa iklan Traveloka versi Bungee Jumping menggunakan pendekatan  gaya hidup dangan  teks yang memberikan kesan pemuda sejak awal. Iklan traveling ini dikemas dengan cara yang menyentuh emosi penonton. Makna yang tercipta adalah Traveloka hendak memperkenalkan gaya hidup pemuda yang serba instan.


Keywords


: Iklan; Semiotik; Charles Sanders Peirce; Gaya Hidup

References


Eriyanto. (2001). Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKiS.

Kotler, Philip, (2002). Menajemen Pemasaran (Jilid 1, Edisi Melenium), Jakarta:

Prehallido.

Kriyantono, Rachmat. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana

Prenada Media Group.

Loisa, Riris. (2009). Alat-Alat Propaganda Di Dalam Iklan Para Calon Presiden

(http://journal.tarumanagara.ac.id/index.php/FIKOM/article/view/1132)

Morrisan, M.A. dan Wardhani, Andy Corry. (2009) Teori Komunikasi tentang Komunikator,Pesan, Percakapan dan Hubungan. Yogyakarta:Penerbit Ghalia

Indonesia.

Vera, Nawiroh. (2014). Semiotika Dalam Riset Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.