Analisis Semiotika Makna Persahabatan dalam Iklan Tvc U-Mild Versi Sepanjang Jalan Kenangan

Kevin Wahid

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membahas dan mengetahui makna persahabatan dan fungsi persahabatan yang terkandung dalam iklan TVC U-Mild versi Sepanjang Jalan Kenangan. Landasan teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori persahabatan (Berndt, T. J., 2002). yang mengandung makna bahwa seorang sahabat akan hadir di saat-saat yang dibutuhkan untuk saling membantu dan berbagi satu sama lain dan seorang sahabat senantiasa mencurahkan isi hati dan pemikirannya serta akan selalu setia berdiri di pihak sahabatnya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan dokumentasi dan studi pustaka, serta referensi yang berkaitan dengan penelitian. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis semiotika oleh Roland Barthes yang terdiri atas makna denotasi, konotasi, dan mitos. Hasil Penelitian ini ialah iklan U-Mild versi sepanjang jalan kenangan di media televisi menginterpretasikan makna persahabatan yang terkandung di dalamnya yang dimana persahabatan tersebut memiliki fungsi yang terdiri atas pertemanan, stimulasi, dukungan fisik, dukungan ego, perbandingan sosial, dan intimasi atau afeksi yang mewakili konsep persahabatan dalam iklan tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dalam iklan televisi U-Mild versi Sepanjang Jalan Kenangan mengandung makna persahabatan bahwa seorang sahabat bersedia mengorbankan diri dan waktu untuk saling membantu dan saling mempercayai antara satu sama lain.


Keywords


Makna Persahabatan; Semiotika; Iklan

References


Berndt, T. J. (2002). Friendship quality and social development. Psychological science, vol. 11. Jakarta: Kencana Prenama Media Group.

Bungin, Burhan H.M. (2007). Penelitian kualitatif : komunikasi, ekonomi, kebijakan publik, dan ilmu sosial. Jakarta: Kencana Prenama Media Group.

Dariyo, Agoes. (2004), Psikologi perkembangan remaja. Bogor: Ghalia Indonesia.

Moleong, J Lexy. (2009), Metode penelitian kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Roman, Kenerth, Jane Maas & Martin Nisenholtz, (2005), How to advertise, membangun merek dan bisnis dalam dunia pemasaran baru. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.