Pengaruh Pesan Iklan Tokopedia Isyana Versus Gangster Terhadap Brand Knowledge Tokopedia di Sma Pusaka Abadi

Main Article Content

Ivan Reinaldo
Widayatmoko Widayatmoko

Abstract

Persaingan e-commerce di Indonesia semakin ketat, hal ini mendorong perusahaan-perusahaan e-commerce di Indonesia, termasuk Tokopedia untuk meluncurkan kampanye pemasaran efektif yang dapat menanamkan brand knowledge Tokopedia pada benak audiens. Salah satu iklan Tokopedia akhir-akhir ini adalah iklan TV edisi Isyana vs. Gangster. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pesan iklan Tokopedia edisi Isyana vs. Gangster terhadap brand knowledge Tokopedia di kalangan siswa SMA Pusaka Abadi. Boove (2003 : 141) mendefinisikan pesan iklan sebagai ide atau berita yang dikomunikasikan atau yang disampaikan kepada audiens melalui media iklan. Sementara itu yang dimaksud brand knowledge dalam penelitian ini mengacu pada kesadaran dan citra merek (Keller, 1993). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh koefisien korelasi product moment sebesar 0,834 dan hasil uji persamaan regresi linear sederhana Y= 8,839 + 0,36X . Hasil tersebut berarti terdapat pengaruh positif antara pesan iklan (variabel X) terhadap brand knowledge (variabel Y). Hal ini menunjukan bahwa semakin baik pesan iklan Tokopedia berarti semakin baik pula brand knowledge di SMA Pusaka Abadi. 

Article Details

How to Cite
Reinaldo, I., & Widayatmoko, W. (2018). Pengaruh Pesan Iklan Tokopedia Isyana Versus Gangster Terhadap Brand Knowledge Tokopedia di Sma Pusaka Abadi. Prologia, 1(1), 196–201. https://doi.org/10.24912/pr.v1i1.1422
Section
Articles
Author Biographies

Ivan Reinaldo, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Widayatmoko Widayatmoko, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Bovee, L. Courtland & John V. Thill.(2003). Komunikasi Bisnis, Buku Kedua. Edisi Bahasa Indonesia (Edisi 6). Jakarta : PT. Indeks Kelompok

Gramedia.

Heding, et al.(2009). Brand Management: Research, Theory, and Practice. New York: Routledge.

Kotler, Phillip.(2000). Marketing Management Millenium Edition (Edisi 10). New Jersey: Prentice Hall

Sudjana, Nana dan Ibrahim. (2007). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Keller, K.L. (1993). Conceptualizing, Measuring, and Managing Customer-based Brand Equity. Journal of Marketing, 57(1), 1-22.

Kurnyawati, Kumadji, & Yulianto. (2014). Pengaruh Iklan Terhadap Brand Awareness Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi (Fia) Jurusan Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya Angkatan 2012-2013 yang Menggunakan Produk Sabun Mandi Merek Lifebuoy). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 16 (1), 1-6.

Natasya, Ria & Harry Susanto, Eko. (2011). Peran Public Relations Dalam Pembentukan Citra Merek Mal Central Park (Studi Tentang Jakarta Great Sale 2010 Mal Central Park). Jurnal Komunikasi Universitas Tarumanagara, 3 (2), 59-67.

Loisa, R., Setyanto, Y., & Sukendro, G. (2012). Stealth marketing sebagai strategi e-branding? (Analisis Diskursus Inkognito pada Grup Band Hijau Daun dalam Youtube). Proceeding: Strategi Communication Branding Di Era Industri Kreatif-Unbra, Hal 407-425.