Analisis Semiotik Nuansa Sporty Pada Iklan Mitsubishi New Outlander Sport Versi Newly Reborn

Indra Indra, Dani Vardiansyah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna melalui penafsiran tanda yang terkandung dalam iklan Mitsubishi New Outlander Sport versi Newly Reborn yang dirilis di tahun 2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisa semiotika komunikasi. Acuan dalam penelitian ini adalah semiotika Charles Sanders Peirce menggunakan teori segitiga makna (sign, object dan interpretant). Dalam penelitian ini ditemukan bahwa iklan Mitsubishi New Outlander Sport versi Newly Reborn menggunakan pendekatan soft sell dangan narasi yang memberikan kesan modern pada sejak awal. Namun resolusi dari iklan ini memiliki tema sporty untuk menyentuh emosi penonton. Makna yang tercipta adalah Mitsubishi hendak memperkenalkan mobil New Outlander Sport yang sudah dilengkapi fitur dan inovasi terkini dengan harga terjangkau bagi masyarakat menengah yang menginginkan mobil seperti mobil mewah. Di dalam iklan ini juga terdapat beberapa spesifikasi mobil New Outlander Sport yang tersamarkan dalam narasi iklan.


Keywords


Iklan; Semiotik Charles Sanders Peirce; Gaya Hidup; Desain dan Warna

References


Chaney, D. (2009). Lifestyle: Sebuah Pengantar Komprehensif. Yogyakarta & Bandung: Jalansutra.

Darmaprawira, S. (2002). Warna: Teori dan Kreativitas Penggunaanya. Edisi Kedua. Bandung: Penerbit ITB.

Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pers.

Moleong, L. J. (2009). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moriarty, S. (2011). Advertising. Edisi Kedelapan. Jakarta: Kencana.

Morissa, M. (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Prenada Media Group.

Setiadi, N. J. (2015). Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Edisi Revisi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sobur, A. (2009). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sobur, A. (2012). Analisis Teks Media: Suatu Pengantar Untuk Analisis Wancana, Analisis Semiotik, Dan Analisis Framing. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sukendro, G. (2012). Tinjauan Kritis Simbol-simbol Budaya Nias dalam Iklan Produk Minuman Berenergi (Studi Kasus Iklan Bermuatan Nilai Lokal Produk Kuku Bima Ener-G Versi "Ayo Wisata Ke Sumatera" PT. Sido Muncul). Retrieved from : Google Scholar Publish: 7 Agustus 2015: http://journal.tarumanagara.ac.id/index.php/kidFik/article/view/1957

Susanto, E. H. (2001, Maret 31). Teknologi Informasi dan Keunggulan Kompetitif: Penafsiran Terhadap Daya Saing Perusahaan. Retrieved from Karya Ilmiah: http://journal.tarumanagara.ac.id/index.php/kidFik/article/viewFile/1247/1291

Tinarbuko, S. (2009). Semiotik Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalansutra.

Tinarbuko, S. (2015). DEKAVE Desain Komunikasi Visual - Penanda Zaman Masyarakat Global. Yogyakarta: Centar For Academic Publishing Service (CAPS).

Vera, N. (2014). Semiotika Dalam Riset Komunikasi. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.