Representasi Nilai – Nilai Religius Dalam Iklan OLX (Semiotika) : Bekas Jadi Berkah “Ayah Hebat” Edisi Ramadhan 1437 H Di Televisi”

Indah Sari

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya iklan mengenai nilai – nilai yang terkandung dalam iklan OLX yang ditayangkan media massa televisi dan website. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna-makna apa yang terkandung dalam iklan Televisi OLX Indonesia yang di rilis tahun 2016 serta alasan dan tujuan dibalik konsep dan pendekatan yang digunakan dalam iklan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan analisa semiotika Roland Barthes. Penelitian ini hanya memperlihatkan situasi tokoh dalam iklan yang berhubungan dengan semiotika sebagai acuan dalam penelitian ini melalui denotasi, konotasi, dan mitos yang memiliki nilai-nilai religius dalam iklan tersebut. Hasil penelitian menemukan nilai-nilai religius dalam iklan yang memiliki makna dalam mempersuasi khalayak. Sehingga penggunaan nilai-nilai religius dalam kehidupan seseorang dapat tertanam dalam benak yang dapat dituai kemudian hari. Dari segi iklan nilai – nilai religius yang digunakan dalam iklan OLX untuk mempermudah penyampaian pesan pada masyarakat.


Keywords


Analisis Semiotika; Nilai Religius; Ayah Hebat; Iklan Televisi; OLX Indonesia.

References


Hoed, Benny H. (2002). Strukturalisme, Prag -matik dan Semiotik dalam Kajian Budaya, Indonesia: Tanda yang Retak,Wedatama Widya Sastra, Jakarta.

Kotler, Philip. (2002). Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi Milenium, Prehallindo, Jakarta.

Stuart Hall. (1997) Representation: Cultural Representations and Signifying Practices, Sage Publications. London.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.