Pengaruh Kualitas Pesan Iklan dan Kreativitas Iklan Terhadap Efektivitas Iklan Bukalapak “Gilanya Belanja di Bukalapak”

Hansen Martin

Abstract


Penelitian ini membahas tentang pengaruh kualitas pesan iklan dan kreativitas iklan terhadap efektivitas iklan Bukalapak versi “Gilanya Belanja di Bukalapak”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pesan iklan dan kreativitas iklan terhadap efektivitas iklan Bukalapak versi “Gilanya Belanja di Bukalapak”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif-survei. Sedangkan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan penarikan sampel yang berjumlah 165 responden yang tersebar di wilayah Central Park Mall, Jakarta Barat. Alasan pemilihan tempat ini karena, Cental Park Mall menjadi salah satu pusat perbelanjaan terbaik di daerah Jakarta Barat yang memiliki banyak pengunjung dari tempat yang berbeda, latar belakang ekonomi maupun sosial yang berbeda, sehingga lebih mudah untuk meneliti efektivitas iklan “Gilanya Belanja di Bukalapak”. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh kualitas pesan iklan dan kreativitas iklan terhadap efektivitas iklan Bukalapak versi “Gilanya Belanja di Bukalapak” dengan interval korelasi 0,617 dan koefisien determinasi sebesar 38,1%.


Keywords


Kualitas Pesan Iklan; Kreativitas Iklan; Efektivitas Iklan; Bukalapak

References


Handoko T. Hani. (2006). Manajemen Pemasaran Analisa Perilaku Konsumen. Edisi 8. Yogyakarta, Liberty.

Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran, Jilid 1. Jakarta, PT.Indeks.

Kotler, Philip. (1996). Marketing Management 9e. Jakarta, PT. Prenhallindo.

A. Shimp Terence. (2003). Periklanan dan Promosi. Jakarta, Erlangga.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung, Alfabeta.

Augusty, Ferdinand. (2006). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang, Universitas Diponegoro.

Riyanto, Makmun. (2008). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Efektivitas Iklan dan Implikasinya Terhadap Sikap Merek. Semarang, Jurnal Fakultas Manajemen Universitas Diponegoro. Data diakses pada tanggal 9 April 2017, pada pukul 19.22 WIB. Data terarsip di: http://eprints.undip.ac.id/18089/1/Makmun_Riyanto.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.