Pengaruh Seleberiti Endorser Melalui Media Sosial Terhadap Minat Beli Konsumen (Survey Chelsea Olivia Sebagai Selebriti Endorser Pada Siswi Sekolah Kristen Ketapang 1 Kelas 10 dan 11 Tahun Ajaran 2016 – 2017)

Yessica Yessica

Abstract


Penggunaan selebriti endorser banyak dilakukan oleh para onlineshop di Instagram untuk mempromosikan barangnya dan menunjukkan onlineshopnya terpercaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran selebriti endorser Chelsea Olivia melalui Instagram dalam meningkatkan minat beli konsumen dan menguji pengaruh selebriti endorser Chelsea Olivia melalui Instagram terhadap minat beli konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswi Sekolah Kristen Ketapang 1 kelas 10 dan 11 tahun ajaran 2016 – 2017. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pendekatan survey dengan jumlah responden yang diteliti sebanyak 43 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keahlian, kepercayaan, dan daya tarik sebagaimana merupakan elemen dasar endorser yang berpengaruh dalam efektifitas pendukung menurut Terence A. Shimp (Shimp, 2007 : 304) yang dimiliki selebriti endorser Chelsea Olivia berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen.


Keywords


Selebriti Endorser; Daya Tarik; Dapat Dipercaya; Keahlian; Minat Beli

References


Arikunto S, (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi 6). Jakarta: Penerbit PT Rineka Cipta.

Azwar, S. (1997). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kotler dan Keller. (2007). Manajemen Pemasaran (Edisi 12, Jilid 1). Jakarta: PT. Indeks.

Nisfiannoor, Muhammad. (2013). Pendekatan Statistika Modern, Aplikasi dengan Software SPSS dan E-Views. Jakarta: Universitas Trisakti.

Prof. Dr. Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D , Bandung: ALFABETA.

Shimp, Terence A. (2003). Periklanan Promosi : Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu (Edisi 5, Jilid 1). Jakarta: Penerbit Erlangga

Swastha, Basu (2006). Manajemen Pemasaran Modern, Liberty. Yogyakarta: BPFE.

(https://journal.untar.ac.id/index.php.komunikasi/issue/archive)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.