“Hidup Irit” (Analisis Semiotika Pada Iklan Axis Iritology No.81 Kzl #Warbyazah)

Main Article Content

Frans Giovanni
G Genep Sukendro

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh banyaknya media sosial pada saat ini, mempermudah komunikasi atau mencari informasi. Orang selalu ingin menggunkan media sosial karena dianggap mempermudah dalam berkomunikasi walaupun harga kebutuhan semakin naik dan budaya konsumtif semakin dirasakan sehingga terlihat boros. Untuk menggunakan media sosial, harus menggunakan jasa layanan internet/provider dengan biaya tertentu. Tiap provider menggunakan iklan untuk memberikan ingatan dan informasi produknya kepada khalayak dikenali. Salah satu provider adalah Axis Telekom, mengajak masyarakat menerapkan pola hidup irit menggunakan iklan TVC sebagai media beriklan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui makna hidup irit pada iklan Axis Iritology No.81 KZL #Warbyazah dengan menggunakan metode kualitatif bersifat deskriptif. Hasilnya, Axis menyampaikan pesan kepada kelas ekonomi menengah bawah agar dapat mengikuti perkembangan media sosial seperti yang diinginkan perusahaan, dengan memberi detil pada setiap adegan. Adegan yang dipilih yaitu meski menggunakan Axis belum bisa terus menerus menggunakan media sosial, Axis mengajak untuk menggunakan AXIS KZL dengan keuntungan lebih irit dan dapat menggunakan media sosial terus menerus.

Article Details

How to Cite
Giovanni, F., & Sukendro, G. G. (2018). “Hidup Irit” (Analisis Semiotika Pada Iklan Axis Iritology No.81 Kzl #Warbyazah). Prologia, 1(1), 174–178. https://doi.org/10.24912/pr.v1i1.1416
Section
Articles
Author Biographies

Frans Giovanni, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikas

G Genep Sukendro, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Bungin, Burhan. (2007). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu sosial, Jakarta : Kencana Prenama Media Group

Widjono. (2007). Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Grasindo

Jaiz, Muhammad. (2014). Dasar-Dasar Periklanan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Jefkins, Frank. (1997). Periklanan. Jakarta: Erlangga

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, L.J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sukendro, Genep (2012). “Dialektika Panjang Atas Nilai-Nilai Lokal dalam Ranah Iklan Indonesia” http://jurnalaspikom.org/index.php/aspikom/search/authors/view?firstName=Genep&middleName=&lastName=Sukendro&affiliation=Fakultas%20Ilmu%20Komunikasi%2C%20Universitas%20Tarumanegara&country=ID

Susanto, Eko Harry. (2011). Remaja Digital UMS (Eko Harry Susanto). Retrieved Juni 17, 2017, from Karya Ilmiah Dosen Fikom: http://journal.tarumanagara.ac.id/index.php/kidFik/article/viewFile/1246/1283