Pesan Edukasi Kepada Anak Melalui Iklan Pepsodent Versi Monster Gigi

Main Article Content

Yos Suwandi

Abstract

Abstrak: Fokus penelitian mengamati  pesan edukasi kepada anak melalui iklan Pepsodent versi monster gigi dengan konsep Peirce diklasifikasikan menjadi tiga bagian, yakni: Subjek,  Objek, Interpretant, dan ikon , simbol index. Dalam penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Data primer berupa observasi, data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diperoleh langsung dengan dokumentasi berupa video iklan Pepsodent yang sudah diunggah atau di download melalui youtube. Teknik analisis data setelah data primer dan sekunder terkumpul, dilakukan analisis data dengan menggunakan teknik analisis semiotika Charles Sander Peirce. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat temuan dalam iklan Pepsodent menyiratkan pesan tentang edukasi kesehatan kepada anak terhadap kepedulian tentang kesehatan gigi dengan cara rajin mengosok gigi pagi dan malam.

Article Details

How to Cite
Suwandi, Y. (2018). Pesan Edukasi Kepada Anak Melalui Iklan Pepsodent Versi Monster Gigi. Prologia, 1(1), 293–298. https://doi.org/10.24912/pr.v1i1.1414
Section
Articles
Author Biography

Yos Suwandi, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Alo Liliweri. (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Prenada Media Group.

Bungin, Burhan H.M. (2007). Penelitian Kualitatif : Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan. Publik, dan Ilmu Sosial. Jakarta: Kencana Prenama

Depdiknas. (2007). Pedoman Pengembangan Bidang Seni di Taman Kanak-kanak. Jakarta.

Effendy, O. Uchjana. (2001). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya

Kasali, Rhenald. (2007). Membidik Pasar Indonesia Segmentasi Targeting Positioning. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kuswandi, Wawan. (2008). Komunikasi Massa (Sebuah Analisis Isi Media Televisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Krisyantono, Rachmat. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Littlejohn, Stephen W. & Foss, Karen A. (2009). Teori Komunikasi (Edisi 9). Jakarta: Salemba Humanika

Moleong, Lexy J. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Morissan, M.A. (2010). Periklanan: komunikasi pemasaran terpadu. Jakarta: Kencana Prenanda Media Grup.

Poerwandari, E. Kristi. (1998). Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Universitas Terbuka.

Shimp, Terence A. (2003). Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sobur, Alex. (2009). Analisis Tek Media: Suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotic dan Analisis Framing. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sobur, Alex. (2003). Semiotika komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.