Analisis Semiotika Makna Peran Ganda Perempuan Dalam Iklan Go-Jek #Hiduptanpabatas Andien

Main Article Content

Endy Octavianto

Abstract

Penelitian ini membahas tentang makna peran ganda perempuan yang terkandung dalam iklan GO-JEK #HidupTanpaBatas Andien. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori peran ganda perempuan (Denrich Suryadi, 2004). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis semiotika Charles Sander Pierce. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran ganda perempuan adalah seseorang yang menjalankan dua peran atau lebih secara bersamaan ataupun terpisah. Seseorang yang menjalankan peran ganda fokusnya akan terbagi dan terpaksa harus memilih peran mana yang harus diabaikan agar peran lain menjadi lebih maksimal. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Iklan GO-JEK #HidupTanpaBatas Andien mencoba menggambarkan bagaimana seorang perempuan menjalankan peran ganda dan berusaha untuk menyampaikan bahwa seseorang yang melakukan peran ganda tidak bisa melakukan peran-peran tersebut dengan baik, tanpa adanya dukungan dari orang lain. 

Article Details

How to Cite
Octavianto, E. (2018). Analisis Semiotika Makna Peran Ganda Perempuan Dalam Iklan Go-Jek #Hiduptanpabatas Andien. Prologia, 1(1), 168–173. https://doi.org/10.24912/pr.v1i1.1413
Section
Articles
Author Biography

Endy Octavianto, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Arikunto, S. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Fakih, M. (1996). Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Jogja: Pustaka Pelajar

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Suryadi, Denrich. (2004). Gambaran Konflik Emosional dalam Menentukan Prioritas Peran Ganda. Jurnal Ilmiah Psikologi Arkhe 1

Triaryati, Nyoman. (2003). Pengaruh Adaptasi Kebijakan Mengenai Work Family Issue Terhadap Absen Dan Turnover. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan Vol. 5, No. 1, Maret 2003: 85