Kebebasan Manusia (Analisis Semiotika Iklan Tokopedia Versi Semua Dimulai Dari Tokopedia)

Elvindo Elvindo

Abstract


Penelitian ini mengupas makna kebebasan manusia melalui penafsiran tanda yang terkandung dalam iklan Tokopedia versi “Semua Dimulai Dari Tokopedia”. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode analisa semiotika Charles Sanders Peirce. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa iklan Tokopedia versi “Semua Dimulai Dari Tokopedia” mengandung unsur kritik terhadap realitas sosial pada jaman kapitalis mengenai kebebasan manusia. Penelitian ini menggunakan Teori Eksistensialisme yang merupakan fokus dari kebebasan manusia itu sendiri. Penelitian ini berupaya mencari jawaban mengenai kebebasan manusia seperti apa yang digambarkan dalam iklan Tokopedia versi “Semua Dimulai Dari Tokopedia”. Tokopedia dalam iklan tersebut juga menanamkan nilai bahwa Tokopedia menfasilitasi orang-orang yang sadar akan kebebasannya untuk berkarya dan sukses dilihat dari alur cerita iklan yang menggambarkan betapa bebasnya tokoh pria dalam melakukan berbagai aktivitas.


Keywords


Iklan; Semiotik; Eksistensialisme; Kebebasan Manusia

References


Dewi, S. (2009). Cyber Law: Perlindungan Privasi Atas Informasi Pribadi dalam E- commerce Menurut Hukum Internasional. Bandung: Widya Padjadjaran.

Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Morrisan. (2008). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Tanggerang: PT. Ramdina Prakasa.

Nazir, Mohammad. (2011). Metode Penelitian. Cetakan keenam. Bogor: Ghalia Indonesia.

Vardiansyah, Dani. (2005). Filsafat Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

West, Richard & Turner, Lynn H. (2008). Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi. Buku 2. Jakarta: Salemba Humanika.

Wibowo, Indawan. S. W. (2011). Semiotika Komunikasi. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sukendro, G. G., & Setyoutami, L.S. (2015). Pengenalan E-commerce untuk Mengantisipasi Perilaku Konsumtif Belanja Online Generasi Muda. Jakarta: LPKMV Universitas Tarumanagara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.