Analisis Semiotika Roland Barthes Makna Pesan Iklan Garuda Indonesia Versi “Hands”

Sarie Sierra

Abstract


Komunikasi merupakan cara individu atau kelompok untuk menyampaikan pesan kepada individu dan kelompok. Salah satu cara penyampaian pesan adalah melalui iklan. Melalui iklan, Perusahaan dapat mengkomunikasikan suatu pesan yang ingin disampaikan. Hal tersebut yang dilakukan maskapai Garuda Indonesia melalui iklan Garuda Indonesia versi “Hands”. Dalam iklan tersebut, Garuda Indonesia menyampaikan makna pelayanan kepada pengguna jasa Garuda Indonesia. Dalam penelitian ini, teori yang digunakan adalah teori Semiotika Roland Barthes yang menjelaskan makna dari tiga jenis yaitu Denotasi, Konotasi, dan Mitos. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis semiotik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Iklan Garuda Indonesia versi “Hands” bermakna tangan sebagai simbol pelayanan, bahwa orang Indonesia yang menganut budaya timur sangat senang dilayani. Dapat dilihat bahwa masyarakat Indonesia terbiasa untuk dilayani contohnya terdapat banyak aplikasi online yang menyediakan jasa pelayanan dalam hal kebutuhan sehari-hari. 


Keywords


Semiotik; Roland Barthes; Iklan

References


Moleong, J Lexy, Prof, Dr. (2009). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.