Tanda – Tanda Maskulinitas Pada Iklan Otomotif (Analisis Semiotika Terhadap Iklan Motor Sport di Televisi)

Andre Andre

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui makna melalui penafsiran tanda yang terkandung dalam iklan Honda CB150R StreetFire versi Api yang dirilis pada tahun Desember 2012. Pemaknaan terhadap makna iklan didasari oleh pemikiran Charles Sanders Peirce mengenai konsep tanda. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menerapkan analisis semiotika dengan berfokus pada sign, object, interpretant. Dari penelitian ini terlihat bahwa iklan Honda CB150R StreetFire versi api ini membangun pemaknaan tentang maskulinitas yang berkenaan dengan keberanian, dan kegagahan melalui tanda warna, kecepatan dan tanda-tanda yang berkenaan dengan keberanian menantang nyali.


Keywords


Iklan; Semiotik; Charles Sanders Peirce; Maskulinitas

References


Barker, Chris. (2009). Cultural Studies. Teori & Praktik. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Wibowo, Indiwan Seto Wahyu. (2011). Semiotika Komunikasi: Aplikasi Praktis Untuk Penelitian dan Skripsi Komunikasi. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Lee, Monlee dan Carla Johnson. (2004). Prinsip-Prinsip Pokok Periklanan Dalam Perspektif Global. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sukendro, Genep. (2012). Tinjauan Kritis Simbol-simbol Budaya Nias dalam Iklan Produk Minuman Berenergi Studi Kasus Iklan Bermuatan Nilai Lokal Produk Kuku Bima Ener-G Versi “Ayo Wisata ke Sumatera” PT. Sido Muncul). http://jurnalaspikom.org/index.php/aspikom/article/view/35

West, Turner. (2008). Pengantar Teori Komunikasi, Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika

http://triatmono.info/data-penjualan-tahun-2012/data-penjualan-motor-tahun-2005/ di akses pada tanggal 24 Juli 2017 pukul 00:28 WIB)

http://journal.tarumanagara.ac.id/index.php/kidFik/article/view/2139/pdf diakses pada tanggal 25 Juli 2017 pukul 01:24 WIB)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.