Analisis Motif Pengguna Aplikasi Bisnis E-Commerce di Era Digital (Studi Deskriptif Pada Pengguna Aplikasi Paytren di Jakarta)

Sinta Sinta

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana motif pengguna paytren di era digital ini. Adapun yang menjadi latar belakang penulisan ini karena perkembangan bisnis yang saat ini sangat pesat menimbulkan persaingan pasar yang cukup ketat juga. Hal ini membuat pelaku bisnis dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan produk atau jasa yang dimilikinya. Dalam penelitian ini yang menjadi acuan adalah bisnis paytren yang merupakan salah satu bisnis kreatif karena sebagian keuntungan dari pembayaran tersebut akan disedekahkan. Hal ini tentu akan menarik masyarakat untuk menggunakan aplikasi paytren. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif berupa studi kasus. Untuk menarik minat masyarakat tidak dapat hanya mengandalkan dari kelebihan produk itu saja, tetapi diperlukan promosi-promosi agar produk atau jasa dikenal oleh masyarakat luas. Dalam penelitian ini akan dilakukan analisis motif pengguna menggunakan teori uses and gratification.


Keywords


Paytren; Bisnis Kreatif; Motif Pengguna

References


Astusi, Sucianty Dyah. (2015). Strategi Komunikasi Program Internet Sehat dan Aman Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Studi Kasus Evaluasi Program Incakap). Jurnal Komunikasi. Vol. 8, No. 1

Moleong, Lexy J. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakaya.

Paramita, S., & Erdiansyah, R. (2016). Entrepreneuship dan New Media Pada Generasi Muda. Jurnal Permberdayaan Masyarakat. Vol. 3, No 1.

Pujosawerno, Sayekti. (1992). Petunjuk Praktis Pelaksaan Konseling. Yogyakarta: Menara Mas Offset.

Republika. (2017). Masyarakat Agamis Harus Bersinergi dengan Visi TNI. diakses pada 31 Mei 2017 pukul 15.35 (www.republika.co.id/amp_version/ojjw3x377)

Rosengren. (1994). Uses and Gratification, Paradigm Outlined. Dalam JG Blumer dan Elihu Katz, The Uses of Mass Communication, Current Perspective on Gratification Research. Baverly Hills: Sage Publications.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.