Peran Komunikator Dalam Suatu Proses Komunikasi Pemasaran (Studi Kasus Pada Agen Asuransi Generali)

Rhegi Rhegi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran agen asuransi Generali demi kesuksesan penjualan polis asuransi. Tujuan melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran agen asuransi dalam mengkomunikasikan manfaat berasuransi pada asuransi Generali. Metode yang digunakan oleh penulis dalam melakukan penelitian ini adalah metode analisis kualitatif dengan melakukan studi kasus kepada 5 agen asuransi Generali. Penulis melakukan wawancara kepada 5 orang agen asuransi PT. Asuransi Jiwa Generali Indonesia tim Star Providence area Jakarta sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian yang ditemukan antara lain: memperkenalkan asuransi Generali kepada calon nasabah,  memberi penjelasan secara detail tentang produk asuransi Generali karena tidak dapat tergantikan oleh media lainya seperti iklan, sebagai konsultan yang membantu nasabahnya menyiapkan dana masa depan dan perencanaan keuangan  yang lebih baik, berperan dalam membantu nasabah memperoleh klaim, berperan sebagai teman atau keluarga dari nasabahya.


Keywords


Peran Komunikator; Komunikasi Antar Pribadi; Komunikasi Pemasaran; Personal Selling; Manfaat Asuransi

References


Devito, Joseph. (2011). Komunikasi Antar Manusia. Tangerang: Karisma Publishing Group.

Pieloor, Andreas. (2017). Hati-Hati Berasuransi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Liliweri, Alo. (1994). Komunikasi Antar Pribadi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Kotler dan Amstrong. (2008). Prinsip – Prinsip Pemasaran (Edisi 12). Jakarta: Erlangga

Golberg, Alvin A. & Larson, Carl E. (1985). Komunikasi Kelompok : Proses-proses Diskusi dan Penerapannya (Koesdarini Soemiati & Gary R. Jusuf. Terjemahan). Jakarta: UI Press.

Yin, Robert K. (2013). Case Study Research: Design and Methods. Depok: Raja Grafindo Persada.

Kusniadji, Suherman (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods (Studi kasus Pada PT Expand Berlian Mulia Di Semarang. http://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/49


Refbacks

  • There are currently no refbacks.