Indonesia A World Of Treasures (Analis Wacana Buku Fotografi Dalam Kajian Kreatif Pariwisata Indonesia)

Rendra Gunawan

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai analisis wacana terhadap buku fotografi Indonesia a World of Treasures mengenai kajian kreatif pariwisata Indonesia yang terbit dalam edisi kedua pada September 2016. Landasan teori yang dipakai dalam penelitian in adalah teori analisis wacana Van Dijk, teori pariwisata, teori fotografi, teori layout, teori kreativitas, media massa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Penulis mengumpulkan data berupa buku travel fotografi yang berisi foto-foto tentang negara Indonesia lengkap 34 Provinsi sebagai tujuan destinasi pariwisata Indonesia. Foto-foto ini selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis wacana Teun Van Dijk. Hasil analisis wacana ini menemukan bahwa buku Indonesia a World of Treasures yang dibuat oleh Ebbie Vebri Adrian memiliki foto-foto yang dapat menjadikan Indonesia sebagai destinasi kreatif pariwisata dunia karena begitu banyaknya keindahan yang ada didalamnya. Namun masih terdapat kendala dalam mempromosikan tempat-tempatnya.


Keywords


Indonesia a World of Treasures; Pariwisata Indonesia; Kreativitas; analisis wacana Van Dijk.

References


Bungin, Burhan. (2007). Penelitian kualitatif. Jakarta: Kencana

Cangara, Hafied. (2003). Pengantar ilmu komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Eriyanto. (2001). Analisis wacana. Yogyakarta: LKIS.

Marpaung, H dan Herman, B. (2002). Pengantar pariwisata. Bandung: Alfabeta.

Newhall, Beaumont. (2005). The history of photography. New York: The Museum of Modern Art.

Sarosa, Samiaji. (2012). Penelitian kualitatif. Jakarta: PT. Indeks.

Semiawan, R. Conny. (2009). Kreativitas keberbakatan: mengapa, apa, dan bagaimana. Jakarta: PT. Indeks.

Sobur, Alex. (2009). Analisis teks media: suatu pengantar untuk analisis wacana, analisis semiotik dan analisis framing. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta.

Christiana, Andrea. (2016). Analisis wacana terhadap opini media di Indonesia mengenai komunikasi presiden filipina rodrigo duterte (studi tentang pernyataan duterte kepada obama dalam pidato yang dimuat di kompas.com dan mediaindonesia.com. Jakarta: Universitas Tarumanagara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.