Pengaruh Customer Relationship Management dan Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Kafe Rumah Lama, Jembatan Lima, Jakarta Barat

Main Article Content

Michael Adrian

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kegiatan Customer Relationship Management dan Service Quality  terhadap loyalitas pelanggan kafe. Customer Relationship Management merupakan salah satu strategi pendekatan bisnis yang tidak hanya mementingkan bagaimana cara menjual barang atau jasa tapi juga memperhatikan dan mementingkan bagaimana hubungan yang terjalin antara kafe dengan pelanggannya.  Service Quality merupakan salah satu strategi yang berfokus pada kualitas pelayanan yang diberikan oleh pelayan kepada pelanggan, bagaimana cara kafe melayani keluhan pelanggan, memperhatikan pelanggan. Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 pelanggan di Kafe Rumah Lama. Dari hasil data kuesioner peneliti mendapat hasil bahwa Customer Relationship Management dan Service Quality mempengaruhi loyalitas pelanggan dengan interval korelasi 0.909 dan koefisien determinasi sebesar 82.6%.

Article Details

How to Cite
Adrian, M. (2018). Pengaruh Customer Relationship Management dan Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Kafe Rumah Lama, Jembatan Lima, Jakarta Barat. Prologia, 1(1), 114–119. https://doi.org/10.24912/pr.v1i1.1392
Section
Articles
Author Biography

Michael Adrian, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Ruslan, Rosady. (2008). Metode Penelitian: Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Siregar, Syofian. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Jurnal

Ariyanti, M. (2006). Manajemen Hubungan Pelanggan Guna Memperoleh Loyalitas Pelanggan. Jurnal Bisnis, Manajemen & Ekonomi 7(4) : 888-900

Parasuraman, A. Dkk. (1988). Servqual : A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perception of Service Quality. Journal of Retailing, Vol. 64.pp 12-40.