Studi Logo-Logo TVRI (Analisis Semiotika Perubahan dari Masa-Kemasa)

Jason Montana, G. Genep Sukendro

Abstract


TVRI adalah perusahaan televisi pertama di Indonesia. Mereka memulai siaran pertama mereka pada tanggal 17 Agustus 1962 dengan upacara peresmian Hari Kemerdekaan Indonesia ke 17 dari Jakarta dan pada tanggal 24 Agustus 1962 dengan siaran langsung upacara pembukaan Asian Games IV dari stadion utama Gelora. Bung Karno. TVRI adalah perusahaan televisi yang menarik untuk diteliti karena sejarah sebagai perusahaan televisi pertama di Indonesia. Penelitian ini didasarkan pada perubahan logo yang dibuat oleh LPP TVRI dari yang pertama kali muncul sampai sekarang dengan 8 kali perubahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa makna yang terkandung dalam setiap perubahan logo juga alasan dan tujuan dibalik konsep dan pendekatan yang digunakan dalam iklan. Jenis metode dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif dengan analisis semiotik oleh Charles Sanders Peirce. Penelitian ini hanya untuk menganalisis perubahan logo sebanyak 8 logo logo yang pertama kali muncul yaitu pada tanggal 24 agustus 1962 sampai dengan logo ke 8 pada tanggal 16 April 2007. Setiap logo memiliki relevansi dengan semiotika sebagai referensi dalam penelitian ini dengan menggunakan tanda, objek dan interpretasi yang memiliki nilai motivasi dalam iklan. Hasilnya menemukan nilai motivasi pada masing-masing logo yang memiliki arti penting bagi identitas perusahaan atau sisi positif dari perusahaan. Dengan hasil itu, nilai motivasi pada masing-masing logo bisa menjadi citra positif yang dapat berdampak pada seluruh karyawan yang bekerja di perusahaan.

Keywords


Logo; Analisis Semiotika; Charles Sanders Peirce; Warna Logo.

References


Bungin, Burhan. (2009). Penelitian Kualitatif. Jakarta : Kencana.

Bungin, Burhan. (2006). Sosiologi Komunikasi. Jakarta : Kencana.

Benny H. Hoed, (2011). Semiotik & Dinamika Sosial Budaya, cetakan pertama, Beji Timur, Depok.

Darmaprawira W.A., Sulasmi. (2002). Warna: Teori dan Kreativitas Penggunaanya. Edisi Kedua. Bandung: Penerbit ITB.

Krisnawati, Christina. (2005). Terapi Warna dalam Kesehatan. Jakarta : Curiosita.

Mulyana, Deddy. (2005). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Noviani,Ratna. (2002). Jalan Tengah Memahami Iklan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Santoso, Sigit, (2009). Creative Advertising. PT. Elex Media Komputindo: Jakarta.

Vera, Nawiroh. (2014). Semiotika Dalam Riset Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.

http://jurnalaspikom.org/index.php/aspikom/search/authors/view?firstName=Genep&middleName=&lastName=Sukendro&affiliation=Fakultas%20Ilmu%20Komunikasi%2C%20Universitas%20Tarumanegara&country=ID


Refbacks

  • There are currently no refbacks.