Pengaruh Citra Merek Starbucks Terhadap Loyalitas Merek di Starbucks Aeon Mall

Giofandi Giofandi

Abstract


Penelitian ini membahas tentang pengaruh citra merek (variabel X) terhadap loyalitas merek (variabel Y) konsumen Starbucks AEON Mall. Penelitian ini dikaji dengandimensi dari Citra Merek yaitu Strength of Brand Associations, Favorability of Brand Associations, dan Uniqueness of Brand Associationsdan Loyalitas Merek dengan dimensi behaviour measure, measuring switch cost, measuring satisfaction, measuring liking brand, dan measuring commitment. Metodologi dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan teknik purposive sampling. Studi dalam penelitian ini adalah konsumen Starbucks AEON Mall yang sudah melakukan pembelian lebih dari tiga kali, dengan total sampel sebanyak 100 responden. Dari penelitian ini diperoleh hasil persamaan regresi linierY = 13.855 + 0.761 X, serta nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Menyatakan terdapat pengaruh yang signifikan antara citra merek terhadap loyalitas merekStarbucks. Maka dapat disimpulkan citra merek Starbucks berpengaruh terhadap terciptanya loyalitas merek konsumen Starbucks.


Keywords


Citra Merek; Loyalitas Merek; Starbucks

References


Bastian, Danny Alexander. (2014). Analisa pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) ADES PT. Ades Alfindo Putra Setia. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra.

Keller, K. L. (1993). Strategic brand management: building, measuring, and managing brand equity. Boston: Pearson.

Morissan. (2012). Metode Penelitian Survey. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono.(2011). Metode penelitian pendidikan. Bandung:Alfabeta

Sekaran, Uma, and Roger Bougie. Research Methods for Business: A Skill-building Approach. Sixth ed. Chichester, West Sussex: Wiley, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.