Komunikasi Pariwisata dalam Mempromosikan Objek Wisata Bukit Kasih Kanonang

Inggrit Christiani N.T, Yugih Setyanto

Abstract


Provinsi Sulawesi Utara, merupakan salah satu wilayah tujuan wisata di Indonesia yang memiliki berbagai objek wisata baik objek wisata alam maupun wisata budaya. Objek wisata Bukit Kasih Kanonang merupakan salah satu tujuan wisata di Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara yang banyak diminati oleh wisatawan.Namun keberadaan objek wisata ini belum didukung dengan infrastruktur yang baik sehingga apa objek wisata yang di promosikan masih belum dikelola secara khusus. Tujuan dari penelitian ini sendiri adalah untuk mengetahui bagaimana Dinas Pariwisata mengembangkan objek pariwisata dan mengetahui kondisi-kondisi yang ada dalam pengembangan pariwisata di Bukit Kasih Kanonang. Penelitian ini akan menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan mengumpulkan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipasi, studi kepustakaan, dan penelusuran data online. Dari hasil analisis yang dilakukan oleh penulis, bahwa infrastruktur sangat penting bagi pengembangan objek wisata Bukit Kasih, dan partisipasi masyarakat dalam mendukung pengembangan pariwisata di Bukit Kasih yang mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Minahasa, khususnya Dinas Pariwisata dinilai lamban dalam menindaklanjuti pengembangan di Bukit Kasih.

 


Keywords


Komunikasi Pariwisata; Marketing Public Relations; Promosi.

References


Cutlip, Scott M., Center, Allen H., & Broom, Glen M. (2006). Effective Public Relations. UK: Pearson Prentice Hall.

Jurnal Karya Ilmiah, Strategi Public Relations dalam Membangun Brand Image Eco- Tourism Pulau Lombok, Lusia Savitri Setyo Utami, S.Sos, M.Si Yugih Setyanto, S.Sos,M.Si Septia Winduwati, S.Sos, M.Si.

Kotler, P dan Armstrong, G. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Erlangga, Jakarta

Muri Yusuf. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Edisi Pertama. Jakarta: Prenadamedia Group.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.