Upaya Pemanfaatan Media Sosial Youtube Untuk Membentuk Citra Diri Seorang Tommy Lim (Studi Kasus Pemanfaatan Youtube Oleh Tommy Lim)

Stephanus Yan Chandra Harlin

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai kaitan antara komunikasi dan Public Relations, serta penggunaan media sosial dalam menghasilkan citra yang positif di mata public, dalam kesempatan kali ini penulis melakukan penelitian dengan proses wawancara untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, Penulis memilih untuk meneliti seorang Youtuber yang bernama Tommy Lim, yang mana Tommy Lim merupakan artis atau Selebgram pendatang baru yang namanya mulai dikenal dan melejit dengan bantuan dari media baru (New Media) atau media sosial yang tengah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat di era yang sudah maju dan berkembang ini. Penulis melakukan penelitian tentang Tommy Lim dan dirinya di Youtube, guna mengetahui secara langsung seberapa upaya dibangun oleh Tommy Lim dalam membangun citra yang positif akan dirinya di mata public, jalan apa yang dipergunakannya, seberapa bersangkutannya komunikasi dan kegiatan Public Relations serta teori citra dalam membantu Tommy Lim melaksanakan tujuan dan ide-idenya, juga untuk mengetahui pandangan dan masyarakat yang cukup aktif dalam penggunaan internet mengenai Tommy Lim yang namanya mulai dikenal melalui media sosial seperti Youtube. Dalam hal ini penulis juga berusaha untuk mencari tahu, perkembangan apa yang dihasilkan dari kreatifitas Tommy Lim dalam mengunggah video-video lucu dirinya di media sosial, untuk dirinya di jaman sekarang ini.


Keywords


Komunikasi; Public Relations; Citra diri; Youtube; Tommy Lim

References


Baran, Stanley, J. , Davis, Dennis, K. (2010). Teori Dasar, Komunikasi Pergolakan, Dan Masa Depan Massa, Mass Communication Theory: Foundations, Ferment, and Future. (Edisi 5). Jakarta: Salemba Humanika.

Bajari, Atwar. (2013). Media Public Relations. Jakarta: Graha Ilmu.

Cutlip, Scott M. , Allen H, Center & Glen M. Broom. (2006). Effective Public Relations (Edisi 9). Jakarta: Prenada Media Group.

Effendy, Onong U. (2005). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Firsan, Nova. (2011). Crisis Public Relations : Bagaimana PR Menangani Krisis Perusahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Jefkins, Frank. (2002). Public Relations. Jakarta: Erlangga

Kriyantono, Rachmat. (2008). Public Relations Writing, Jakarta: Prenada Media Group.

Moleong, Lexy J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. (2005). Humman Communication: Prinsip-Prinsip Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ruslan, Rosady. (2003). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi (Edisi 1). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Soemirat, Soleh dan Elvinaro Ardiyanto. (2010). Dasar – Dasar Public Relations.

Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) (Cetakan 13). Bandung: Alfabeta.

Vivian, John. (2008). Teori Komunikasi Massa (Edisi 8). Jakarta: Prenada Media Group.

http://www.komunikasipraktis.com/2014/10/daftar-definisi-komunikasi-menurut-para-ahli.html (diakses pada tanggal 09 Maret 2017, Pukul 22:15).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.