Analisa Program Corporate Social Responsibility Berbagi Berkah dalam Membangun Citra (Studi Kasus Mall Bale Kota)

Daniel Arifin

Abstract


Salah satu kegiatan yang kerap kali dilakukan oleh seorang prakitisi Public Relations dalam membangun sebuah citra adalah dengan melakukan program Corporate Social Responsibility atau yang lebih sering dikenal dangan CSR. Sama halnya dengan Mal Bale Kota yang mengadakan acara ‘Berbagi Berkah’. Berdiri di kawasan yang dekat dengan pemukiman penduduk, membuat Mal Bale Kota Tangerang peduli dan menargetkan program Corporate Social Responsibility mereka kepada masyarakat sekitar terlebih dahulu. Dengan Menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi yang digunakan oleh Public Relations Mal Bale Kota dalam memasarkan mal tersebut melalui acara-acara yang diselenggarakan. Penelitian ini juga dilakukan guna melihat ada tidaknya pengaruh acara ‘Berbagi Berkah’ tersebut terhadap peningkatan pengunjung mal serta alasan mal dalam memilih tema untuk suatu acara tertentu melalu riset terlebih dahulu.


Keywords


Mal Bale Kota; Corporate Social Responsibility; Public Relations; ‘Berbagi Berkah’; Strategi.

References


Ardianto, Elvinaro. (2011). Handbook of Public Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Bungin, Burhan. (2007). Penlitian Kualitatif. Jakarta: Kecana Pernada Media Group.

Cutlip, Scoot M., Center, Allem.H. Dan Broom, Glen M. (2000). Effective Public Relations. Eight Edition. New Jersey : Prentice Hall. Inc.

Effendy, Onong Uchjana. (2002). Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Iriantara, Yosal. (2004). Manajemen Strategi Public Relations. Bandung: Gahlia Indonesia.

Jefkins, Frank. (2003). Public Relations. Edisi Kelima. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, P., & Lee, N. (2005). Corporate Social Responsibility: Doing The Most Good for Your Company and Your Cause. New Jersey: John Wiley & sons inc.

Mulyana, Deddy. (2006). Metode Penelitian Kualitatif : Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Moleong, Lexy J. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Nazir, Moh. (2011). Metode Penelitian. Bogor: Penerbit Gahlia Indonesia.

Nova, F. (2011). CRISIS Public Relations : Strategi PR Menghadapi Krisis, Mengelola Isu, Membangun Citra, dan Reputasi Perusahaan. Jakarta: PT. RAJAGRAFINDO PERSADA.

Rumanti. A, M. (2002). Dasar-Dasar Public Relations : Teori dan Praktik. Jakarta: Grasindo.

Ruslan, Rosady. (2010). Metode Penelitian dan Komunikasi Public Relations. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Sutojo, Siswanto dan Aldridge, E. John. (2005). Corporate Governance (Tata Kelola Perusahaan yang Sehat). Jakarta: PT. Damar Mulia Pustaka.

Solihin, Ismail. (2009). Corporate Social Responsibility : From Charity to Sustainbility. Jakarta: Salemba Empat

Soemirat, Soleh dan Ardiyanto, Elvinaro. (2007). Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.