Peran Kementerian Pariwisata Dalam Mengkampanyekan Taman Nasional Komodo Melalui Brand Pesona Indonesia

Main Article Content

Andre Lukita
Sunarto Sunarto

Abstract

 

Berwisata merupakan kegiatan yang menjadi minat banyak orang untuk menikmati liburan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Peran Kementerian Pariwisata dalam mengkampanyekan Taman Nasional Komodo melalui Brand Pesona Indonesia. Target Kementerian Pariwisata Indonesia untuk mengajak Wisatawan Nusantara berlibur ke Taman Nasional Komodo sesuai dengan target dari Brand Pesona Indonesia menargetkan kunjungan Wisatawan Nusantara ke Taman Nasional Komodo. Penelitian ini mengulas seputar kegiatan yang dilakukan oleh Kementerian Pariwisata dalam mengkampanyekan Taman Nasional Komodo melalui Brand Pesona Indonesia. Teori yang digunakan  dalam  penelitian  ini meliputi teori kegiatan Kampanye menggunakan Kampanye Public Relations, Media Massa dan Media Sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus.  Sumber  data  yang  didapatkan  untuk  penelitian  ini  berasal  dari  wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil dari penelitian ini adalah Kementerian Pariwisata melaksanakan peran yang sama dengan public relations dalam mengkampanyekan Taman Nasional Komodo melalui brand Pesona Indonesia dengan menggunakan Media Massa, Media Sosial dan Kampanye Public Relation. Pada saat ini Kementrian Pariwisata lebih memusatkan aktifitas penggunaan Media Sosial dan publikasi melalui travel blogger untuk mengkampanyekan Taman Nasional Komodo untuk  memberikan informasi dan mempersuasif para masyarakat Indonesia untuk menjadi wisatawan nusantara yang berkunjung ke Taman Nasional Komodo.

Article Details

How to Cite
Lukita, A., & Sunarto, S. (2018). Peran Kementerian Pariwisata Dalam Mengkampanyekan Taman Nasional Komodo Melalui Brand Pesona Indonesia. Prologia, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.24912/pr.v1i1.1330
Section
Articles
Author Biography

Andre Lukita, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Creswell, J. W. (2008). Educational Research Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative & Qualitative Approaches. London: Sage Publications

Keller, K. d. (2012). Markering Management Edisi 14, Global Edition. Pearson: Prentice Hall

Kotler, Philip. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga

Kriyantono, R. (2012). Public Relations Writing Teknik Produksi Media Relations dan Publisitas Korporat. Jakarta: Kencana

Miles, M. d. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode- Metode Baru. Jakarta: UI PRESS

Moloeng, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT.Remaha Rosada Karya

Ruslan, R. (2008). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations Edisi Revisi.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Wardhani, D. (2008). Media Relation: Sarana Membangun Reproduksi Organisasi.Yogyakarta: Graha Ilmu