Studi Budaya Dalam Komunitas Fans Nike Ardilla di Jakarta (Fanatisme Penggemar Nike Ardilla)

Main Article Content

Stella Stella
Suzy S. Azeharie

Abstract

Nike Ardilla Fans Club merupakan sebuah nama bagi penggemar dari penyanyi Nike Ardilla yang terdiri dari berbagai macam orang yang memiliki ketertarikan yang sama. Nike Ardilla Fans Club sudah tersebar hampir di seluruh provinsi di Indonesia. Penggemar Nike Ardilla juga tersebar di luar negeri seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Thailand dan Hongkong. Penelitian ini dibuat untuk mengetahui studi komunikasi budaya dalam komunitas fans Nike Ardilla di Jakarta, untuk mengetahui bentuk fanatisme komunitas fans Nike Ardilla dan untuk mengetahui komunitas fans Nike Ardilla menjadi fanatik. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi, teori budaya, teori fanatisme dan teori identitas budaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif studi kasus secara deskriptif. Data yang dianalisis diperoleh dari hasil wawancara dengan narasumber dan dari hasil observasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa komunitas Nike Ardilla fans Club didominasi oleh anggota perempuan. Anggota Nike Ardilla Fans Club memiliki alasan tertentu yang membuat para fans menjadi fanatik. Komunitas Nike Ardilla Fans Club memiliki identitas budaya yaitu kebiasaan unik yang dilakukan sehingga membentuk budaya yang terjadi sampai saat ini, dan komunikasi yang terjalin antara sesama anggota Nike Ardilla Fans Club berjalan dengan baik. Komunikasi yang dilakukan juga menggunakan perantara media sosial.

Article Details

How to Cite
Stella, S., & Azeharie, S. S. (2019). Studi Budaya Dalam Komunitas Fans Nike Ardilla di Jakarta (Fanatisme Penggemar Nike Ardilla). Koneksi, 2(2), 589–595. https://doi.org/10.24912/kn.v2i2.3941
Section
Articles
Author Biographies

Stella Stella, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Suzy S. Azeharie, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Cangara, Hafield. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Iriantara, Yosal. (2004). Manajemen Strategis Public Relations. Jakarta: Ghalia

Liliweri, Alo. (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Prenada Media Group

Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Ngalimun. (2017). Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar Praktis. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Santoso, Slamet. (2004). Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara

Supardi. (2005). Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis.Yogyakarta: UII Press

Tubbs, Stewart L., & Moss Sylvia. (2005). Human Communication: Prinsip-Prinsip Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>