Kredibilitas Komunikator Dalam Menyampaikan Pesan (Analisis Opini Generasi Milenial Pada Kepala Penerangan Kodam Jaya)

Main Article Content

Silvia Silvia
Sinta Paramita

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kredibilitas komunikator dengan menggunakan analisis opini publik generasi milenial pada Kepala Penerangan Kodam Jaya atau Kapendam Jaya. Penelitian ini menggunakan konsep yang terdiri retorika, opini publik, teori generasi Strauss dan Howe dan kredibilitas komunikator (sumber, ekstrinsik dan intrinsic). Penelitian ini menggunakan pendekatan mix method atau metode campuran dengan pendekatan sekuensial eksplaratori. Campuran antara data awal kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara Kapendam Jaya/Jayakarta kuantitatif diperoleh penulis dari survei mengenai kredibilitas Kapendam Jaya/Jayakarta dalam menyampaikan pesan atau informasi pada generasi milenial (mahasiswa Universitas Tarumangara, Universitas Paramadina, dan Universitas Kristen Indonesia). Temuan menarik dari penelitian ini adalah, menunjukan penampilan berupa komunikasi non verbal seperti seragam merupakan hal yang paling dingat oleh responden mahasiswa yang datang menghadiri event atau seminar, dengan Kapendam Jaya sebagai pembicaranya. 

Article Details

How to Cite
Silvia, S., & Paramita, S. (2019). Kredibilitas Komunikator Dalam Menyampaikan Pesan (Analisis Opini Generasi Milenial Pada Kepala Penerangan Kodam Jaya). Koneksi, 2(2), 569–576. https://doi.org/10.24912/kn.v2i2.3938
Section
Articles
Author Biographies

Silvia Silvia, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Sinta Paramita, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Brawijaya. (2014). Tugas Pokok Pendam. 22 Januari <http://www.kodam5-brawijaya.mil.id/berita/detail/567/tugas-pokok-pendam.html>, diunduh tanggal 19 September 2018

Candraningrum, D. (2018). Teknologi Komunikasi Informasi Untuk Peningkatan Kesadaran Publik Pada Organisasi Sosial. Jurnal Komunikasi, 10(2), 177-185.

Creswell, Jhon W. (2016). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dimyanti. (2016). Menjaga Kredibilitas TNI di Mata Publik. 29 Maret 2016 <https://tni.mil.id/view-94026-menjaga-kredibilitas-tni-di-mata-publik.html>, diunduh tanggal 19 Agustus 2018

Fitryarini, I. (2017). Literasi Media Pada Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman. Jurnal Komunikasi, 8(1), 51-67. Retrieved from https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/46/52

Hendro. (2018). Aster Panglima TNI: Generasi Muda Indonesia Perlu Miliki Mental Ideologi. 22 November 2018 <http://indonews.id/artikel/17452/Aster-Panglima-TNI-Generasi-Muda-Indonesia-Perlu-Miliki-Mental-Ideologi/>, Diunduh tanggal 1 Desember 2018

Mulyana, Deddy. (2008). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munazir, Aziz. (2018). Demi Semangat Kebhinekaan Generasi Millenial. 10 Maret <https://nasional.kompas.com/read/2018/03/10/21305651/demi-semangat- kebhinekaan-generasi-millenial> diunduh tanggal 19 September 2018

Olli, H., & Novi Erlita. (2011) Opini Publik. PT Indeks, Jakarta.

Priyasmoro, M. R. (2018). Survei: TNI Lembaga Paling Dipercaya Masyarakat, Parpol Terendah: (2018, Agustus 28) <https://www.liputan6.com/news/read/3630486/survei-tni-lembaga-paling-dipercaya-masyarakat-parpol-terendah> Diunduh tanggal 10 Desember 2018

Putra, Y. S. (2017). Theoritical review: Teori perbedaan generasi. Jurnal Ilmiah Among Makarti, 9(18)

Rumantini, Maria Assumpta. (2005). Dasar-Dasar Public Relations: Teori dan Praktek. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarna Indonesia

Sugiyono. (2011). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>