Budaya Organisasi SEJUK.ORG dalam Memproduksi Berita Bernilai Keberagaman

Main Article Content

Nathania Nathania
Eko Harry Susanto

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh SEJUK yang merupakan salah satu portal berita media online swasta berjaringan di Indonesia. SEJUK merupakan singkatan dari Serikat Jurnalis untuk Keberagaman. SEJUK menjunjung tinggi konten berita yang bernilai keberagaman. Berita keberagaman tersebut meliputi nilai agama, gender, HAM dan multikulturalisme. Sebagai suatu wadah media online yang menampung dan membahas suatu isu keberagaman, SEJUK berpegang teguh dengan tidak memberitakan berita yang dapat mendiskriminasi karena hal tersebut dapat merusak keberagaman. Sebuah perusahaan harus mampu menerapkan suatu budaya organisasi bagi para pekerjanya, begitu pula dengan SEJUK.ORG. Budaya organisasi diperlukan bagi pekerja sebagai pedoman dan juga panduan dalam menghasilkan berita yang bernilai keberagaman. Dalam penelitian ini, penulis menganalisis budaya organisasi di SEJUK.ORG menggunakan dua asumsi dari teori budaya organisasi yang dikemukakan oleh Michael Pacanowsky & Nick O’Donnel Trujillo. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif, dengan metode etnografi karena penulis mengamati secara langsung dalam kurun waktu yang kurang lebih adalah dua bulan.

Article Details

How to Cite
Nathania, N., & Susanto, E. H. (2019). Budaya Organisasi SEJUK.ORG dalam Memproduksi Berita Bernilai Keberagaman. Koneksi, 2(2), 493–499. https://doi.org/10.24912/kn.v2i2.3928
Section
Articles
Author Biographies

Nathania Nathania, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Eko Harry Susanto, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Anggarin, Rosita. (2014). Berita Terjemahan Pada Situs Media Online (Tinjauan Proses Penerjemahan Pada Rubrik Internasional & Rubrik Celebrity-World Celeb dalam Okezone.com). Jurnal Komunikasi Universitas Tarumanagara Jakarta. Vol.6 No.3.

Moleong, L.J. (2011). Metodelogi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhammad, Arni. (2005). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Robbins, Stephen P. (1996). Perilaku Organisasi, Konsep, Kontroversi dan Aplikasi (Edisi Keenam). Jakarta: PT Bhuana Ilmu Popular.

Sembiring, Masana. (2012). Budaya dan Kinerja Organisasi. Bandung: Fokusmedia.

Susanto, Harry Eko. (2018). Komunikasi Manusia: Teori dan Praktek Dalam Penyampaian Gagasan. Jakarta: Mitra Wacana Media.

West, R., & Lynn H. Turner. (2007). Pengantar Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Winardi. (2009). Teori Organisasi & Pengorganisasian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>