Analisis Karakteristik Iklan Dimas Djay (Budaya Indonesia: Humor dan Kolosal)

Main Article Content

Michael Limantara
Gregorius Genep Sukendro

Abstract

Periklanan pada dasarnya adalah bagian dari kehidupan industri modern. Di zaman modern ini persaingan antar brand semakin sengit dikarenakan ekspansi, munculnya banyak brand baru dan dihadapkan dengan konsumen yang semakin spesifik, selektif, dan fanatik. Iklan di suatu negara merupakan identitas yang merepresentasikan karakter orang-orang di negara tersebut. Tetapi di zaman modern ini, perhatian masyarakat semakin singkat. Hal ini menjadi tantangan bagi pengiklan untuk membuat iklan yang menarik perhatian masyarakat. Salah satu pengiklan yang sukses membuat iklan yang menarik adalah Dimas Djayadiningrat. Dimas Djay adalah sutradara iklan, karya iklanya Indoeskrim versi “Kisah Legenda Nusantara” dan iklan Ramayana versi “Ramayana Ramadhan” sukses menarik perhatian publik dan menjadi viral. Penulis tertarik untuk mengenal lebih jauh sosok Dimas Djay dan karakteristik iklan-iklan hasil produksinya. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Dalam melakukan penelitian ini penulis menemukan karakteristik iklan Dimas Djay melalui observasi, dan wawancara. Dari hasil penelitian penulis mengenai karakteristik iklan Dimas Djay ditemukan tiga karakter diantaranya budaya Indonesia, humor, dan kolosal. Ketiga karakter iklan Dimas Djay ini sesuai dengan karakter Indonesia karena Djay membuat iklan mengikuti keinginan pasar, berasal dari selera orang Indonesia itu sendiri.

Article Details

How to Cite
Limantara, M., & Sukendro, G. G. (2019). Analisis Karakteristik Iklan Dimas Djay (Budaya Indonesia: Humor dan Kolosal). Koneksi, 2(2), 449–455. https://doi.org/10.24912/kn.v2i2.3922
Section
Articles
Author Biographies

Michael Limantara, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Gregorius Genep Sukendro, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Basrowi., & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Bungin, Burhan. (2010). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Gunawan, Imam (2014). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, Edisi Keempat. (2008). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kurniawan, Benny. (2012). Ilmu Budaya Dasar. Tangerang: Jelajah Nusa.

Moelong, Lexy J. (2012). Metedologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nazir, Moh. (2011). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sedyawati. Edi. (2006). Budaya Indonesia: Kajian Arkeologi, Seni, dan Sejarah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Shimp, Terence A. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi. Jakarta: Salemba Empat.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>