Pengaruh Berita Hoaks Terhadap Persepsi Pembaca Media Online (Pemberitaan Ratna Sarumpaet di Media Kumparan)
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai pengaruh berita hoaks terhadap persepsi pembaca media online. Pemberitaan yang diangkat yakni terkait Ratna Sarumpaet di media online Kumparan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode survei. Pengumpulan sampel menggunakan teknik Sampling Non-Random. Data dikumpulkan dengan penyebaran kuisioner dengan skala Likert. Hasil uji validitas dari masing-masing variabel dinyatakan valid dengan nilai Corrected item-total correlation lebih dari 0.2 melalui perhitungan SPSS 16. R square 0,602 yang berarti kemampuan Variabel (X) Pemberitaan Ratna Sarumpaet dalam menjelaskan variabel (Y) persepsi sebesar 60,2% sedangkan sisanya diperoleh 39,8% adalah faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini ialah adanya pengaruh persepsi terhadap pemberitaan ratna sarumpaet mengenai berita hoaks di media Kumparan.
Article Details
References
Ardianto & Erdinaya, Lukiati Komala. (2005). Komunikasi massa: Suatu pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta
https://kumparan.com/@kumparannews/polisi-ungkap-ratna-sarumpaet-tak-dianiaya-tapi-ke-rs-bina-estetika-1538531966179595866?ref=bcjuga (pada 06 Desember 2018, 13.39 WIB)
https://kumparan.com/@kumparannews/ratna-sarumpaet-diduga-dianiaya-di-bandung-hingga-babak-belur-1538452956048752333 (pada tanggal 06 Desember 2018, 13:39 WIB
https://lifeat.kumparan.com/index
https://media.neliti.com/media/publications/224312-konvergensi-media-surat-kabar-lokal-stud.pdf