Analisis Framing Terhadap Pemberitaan Sosok Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam Pilkada DKI 2017 di Media Online Berita Kompas.com dan Okezone.com

Yulia Sumiaty

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai analisis framing terhadap pemberitaan sosok Basuki Tjahaja Purnama atau dengan panggilan akrab Ahok pada harian media berita online Kompas.com dan Okezone.com dalam Pilkada DKI 2017. Peristiwa pemilihan kepala daerah ini selama berbulan-bulan menjadi bahan perbincangan yang sangat panas, masyarakat Jakarta dihadapkan tidak hanya pada pilihan, calon gubernur siapa yang akan mereka pilih untuk memimpin Ibukota Jakarta selama lima tahun kedepan, tetapi mereka juga seakan harus diuji mengenai nilai keberagaman dari Bhineka Tunggal Ika sesungguhnya. Penelitian ini membahas bagaimana media berita online Kompas dan Okezone dalam membingkai peristiwa tersebut menjadi sebuah berita yang layak disajikan. Penelitian ini menggunakan teori analisis framing dari Zhondang Pan dan Gerald M. Kosicki yang terdiri dari 4 bagian, yaitu: Sintaksis (lead yang dipakai, latar, headline, kutipan yang diambil, dan sebagainya), Skrip (bagaimana wartawan mengisahkan atau menceritakan peristiwa ke dalam bentuk berita), Tematik (bagaimana wartawan mengungkapkan pandangannya atas peristiwa ke dalam proposisi, kalimat atau hubungan antarkalimat yang membentuk teks secara keseluruhan), dan Retoris (bagaimana wartawan memakai pilihan kata, idiom, graphic, dan gambar yang dipakai bukan hanya mendukung tulisan, melainkan juga menekankan arti tertentu kepada pembaca). Hasil penelitian yang didapatkan, bahwa media berita online Kompas.com tampak terlihat mendukung salah satu pasangan calon gubernur namun tidak secara gamblang dan tetap rasional, sedangkan media berita online Okezone.com memang sudah secara terang-terangan menunjukan adanya dukungan kepada salah satu pasangan yang merupakan usungan dari pemilik media itu sendiri.


Keywords


Analisis Framing; Media berita online Kompas dan Okezone; Basuki Tjahaja Purnama; dan Pilkada DKI 2017

References


Assegaf, Dja’far. (1983). Jurnalistik, Masa Kini (Pengantar Kewartawanan). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Cangara, Hafied. (2011). Komunikasi Politik. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Deddy, M. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif, Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Eriyanto. (2011). Analisis Framing. Yogyakarta: LKIS.

Kusumadewi, E. W., & Rusdi, F. (2016). Analisis Framing Pemberitaan Kisruh Partai Golkar Pasca Keputusan Menkumham Dalam Program Dialog Primetime News Metro TV dan Kabar Petang TVOne. Jurnal Karya Ilmiah, 2.

Moleong, Lexy. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sobur, Alex. (2009). Analisis Teks Media. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susanto, Eko Harry. (2013). Dinamika Komunikasi Politik Dalam Pemilihan Umum. Jakarta: Mitra Wacana Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.