Pemaknaan Shiper Otp Chanbaek Terhadap Unggahan Instagram

Main Article Content

Lindy Lindy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh seiring berkembangnya teknologi komunikasi, semakin banyak masyarakat menggunakan internet dalam mencari informasi. Penggunaan internet diiringi dengan penggunaan media sosial yang sudah banyak bermunculan seperti Instagram. Banyak pengguna media sosial mencari dan memberikan informasi lewat media sosial Instagram. Penyebaran budaya Korea yang sekarang sangat berkembang biasanya disebut Hallyu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pemaknaan yang diberikan oleh shiper OTP terhadap unggahan Instagram mengenai Chanbaek. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif mengenai pemaknaan dan persepsi, penelitian ini hanya menjelaskan pemaknaan yang diberikan oleh shiper dan faktor yang membangun persepsi shiper OTP Chanbaek menurut pengamat psikologi komunikasi. Hasil penelitian menemukan bahwa faktor yang membangun persepsi dalam pemaknaan suatu gambar adalah faktor internal dan eksternal. Pemaknaan yang diberikan shiper OTP selalu mengarah ke hubungan sesama jenis karena faktor – faktor internal dan eksternal.

Article Details

How to Cite
Lindy, L. (2017). Pemaknaan Shiper Otp Chanbaek Terhadap Unggahan Instagram. Koneksi, 1(1), 216–219. https://doi.org/10.24912/kn.v1i1.1394
Section
Articles
Author Biography

Lindy Lindy, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Ardianto, Elvinaro, Lukiati Komala, & Siti Kaarlinah. (2007). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung. Simbiosa Rekatama Media.

Creswell, John W. (2010). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed.Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mondry. (2008). Pemahaman Teori dan Praktik Jurnalistik. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ruben, Brent, D. dan Lea P. Stewart, (1998). Communication and Human Behavior, USA: Viacom Company.