Budaya Organisasi Kantor Cabang Multinasional (Studi Etnografi Kantor Hiseas European Destination Management Jakarta)

Main Article Content

Veronica Burnadi

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai bagaimana budaya organisasi yang ada di dalam kantor cabang multinasional HiSEAS Jakarta. Di dalam kantor, masing-masing individu memiliki jabatan masing-masing dan menjadi identitas jati diri dari kantor. Adanya komunikasi organisasi yang terjadi antara karyawan kepada pemimpin dan pemimpin kepada karyawan yang membentuk sebuah budaya dalam kantor. Peneliti meneliti dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode etnografi. Budaya organiasasi yaitu kepemimpinan yang diterapkan pemimpin, karakteristik budaya kantor HiSEAS Jakarta,  perfoma komunikatif (perfoma ritual, perfoma hasrat, perfoma sosial, perfoma politis),  simbol-simbol budaya (simbol verbal, simbol fisik dan simbol perilaku) yang ada di dalam kantor HiSEAS jakarta memiliki sifat kekeluargaan dan pemimpinnya menerapkan sistem kerjasama dan solid antar karyawan. 

Article Details

How to Cite
Burnadi, V. (2017). Budaya Organisasi Kantor Cabang Multinasional (Studi Etnografi Kantor Hiseas European Destination Management Jakarta). Koneksi, 1(1), 180–185. https://doi.org/10.24912/kn.v1i1.1381
Section
Articles
Author Biography

Veronica Burnadi, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Haryadi. (2012). Kepemimpinan Dengan Hati Nurani. Jakarta: PT. Suka Buku.

Judge, Robbins D. (2008). Perilaku Organisasi (Edisi 12). Jakarta: Salemba Empat.

Moleong, Lexy. J. (2012). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Morrissan, M. (2009). Teori Komunikasi Organisasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Mulyana, D. (2003). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sobirin, A. (2009). Budaya Organisasi: Pengertian, Makna dan Aplikasinya Dalam Kehidupan Organisasi. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPI.

Sutrisno, E. (2013). Budaya Organisasi. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

West, Richard & Turner, Lynn H. (2009). Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.

Yugih Setyanto dan Riris Loisa. (2012). Kementrian Pertahanan: Budaya militer di Institusi Sipil. http://journal.tarumanagara.ac.id/index.php/kidFik/article/viewFile/1238/1274.

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.