Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan di Central Operation BCA

Ruth Stephanie

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh iklim komunikasi organisasi terhadap kinerja karyawan di Central Operation BCA yang terletak di Wisma Asia II. Dalam penelitian ini menggunakan jumlah sampel 75 dengan bantuan rumus Slovin. Dalam penelitian ini menggunakan teori iklim komunikasi organisasi dan kinerja karyawan. Data dikumpulkan dengan menyebar kuisoner dengan skala likert. Uji persyaratan analisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji normalitas. Metode analisis yang di gunakan adalah uji hipotesis, koefisien korelasi (R), koefisien determinasi (R2) dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) dari hasil uji validitas  menunjukkan bahwa setiap pernyataan dari masing-masing variabel dinyatakan valid karena nilai Corrected Item-Total Correlation lebih dari 0.20 (2) hasil uji reliabilitas dari masing-masing variabel terbukti reliable. (3) Hasil uji hipotesis, koefisien korelasi (R), koefisien determinasi (R2) dan analisis regresi sederhana variabel iklim komunikasi organisasi ternyata berpengaruh terhadap kinerja karyawan sebesar 39,6% yang artinya ada pengaruh iklim komunikasi organisasi sebesar 39.6% terhadap kinerja karyawan.


Keywords


iklim komunikasi organisasi; kinerja karyawan

References


Brian, L., & Suryanata, P. (2016). Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi, Keterampilan Interpersonal, Kecerdasan Intelektual Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Karyawan Di Bank BRI Kanca Denpasar.

Bungin, Burhan. (2013). Metode Penelitian Sosial dan Ekonomi Format Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Effendy, Uchjana Onong. (2013). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Faules,Pace. (2005). Komunikasi Organisasi, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. (2005). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Ruslan, Rosady. (2008). Metode Penelitian: Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Subroto, Gatot. Jurnal Manajemen dan Bisnis, Denpasar : Fakultas Manajemen dan Bisnis Universitas Pendidikan Nasional.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Yoanne , Benedica. (2013). Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi PT.Djatim Super Cooking Oil Surabaya Terhadap Kinerja Karyawan, Surabaya : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.