Representasi Seksualitas Perspektif Perempuan Dalam Lirik Lagu “Get On Your Knees” Yang Dinyanyikan Oleh Nicki Minaj Dan Ariana Grande

Main Article Content

Rachma Djumri

Abstract

Seksualitas merupakan komponen identitas personal individu yang tidak terpisahkan dan berkembang dan semakin matang sepanjang kehidupan individu. Seksualitas tidak sama dengan seks. Seksualitas ialah interaksi faktor-faktor biologis, psikologi personal, dan lingkungan. Teori yang digunakan adalah teori semiotika Roland Barthes. Metode penelitian adalah metode penelitian kualitatif bersifat deskriptif dengan jenis penelitian semiotika. Lagu merupakan seni yang tak pernah terlepas dari kehidupan manusia. Pada saat ini lagu menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia entah itu untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat atau pun sebagai bentuk untuk mencurahkan perasaan. Dalam lirik lagu terdapat pesan yang ingin disampaikan oleh penciptanya, salah satu pesan tersebut adalah seksualitas. Ada lirik lagu yang merepresentasikan seksualitas salah satunya lagu yang berjudul “Get On Your Knees” yang dinyanyikan oleh Nicki Minaj dan Ariana Grande. Berdasarkan penelitian ini menunjukkan bahwa sebenarnya ada representasi baru mengenai seksualitas untuk perempuan. Sejatinya perempuan selalu dikaitkan dengan seksualitas, tetapi ada hal lain yang lebih dari pada itu yang tidak terlihat oleh kasat mata. Seksualitas tidak harus selalu dihubungkan dengan pornografi, perempuan berpenampilan cantik dan seksi memang untuk kepercayaan diri perempuan itu sendiri.

Article Details

How to Cite
Djumri, R. (2018). Representasi Seksualitas Perspektif Perempuan Dalam Lirik Lagu “Get On Your Knees” Yang Dinyanyikan Oleh Nicki Minaj Dan Ariana Grande. Koneksi, 1(1), 158–163. https://doi.org/10.24912/kn.v1i1.1374
Section
Articles
Author Biography

Rachma Djumri, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Basrowi & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta

Moeliono, Anton M., dkk. (2007). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Mulyana, Deddy. (2006). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.