Yoga dan Kreativitas (Gerakan Yoga Suryanamaskar, Pranamaya, Savasana)

Main Article Content

Rabiati Ismi Ridasti

Abstract

Umumnya, masyarakat masih menilai bahwa Yoga dilakukan hanya karena mengikuti trend. Namun, dalam gerakan Yoga ini memiliki sisi kreatif jika dilihat melalui perspektif lain. Beberapa gerakan Yoga seperti Suryanamaskar, Pranamaya, dan Savasana dapat membantu memunculkan sisi kreatif pada diri seseorang. Topik penelitian ini adalah Yoga dan kreativitas (Gerakan Yoga Suryanamaskar, Pranamaya, dan Savasana). Penelitian ini berfokus pada bagaimana proses kreativitas dibentuk oleh gerakan Yoga. Penelitian ini ditinjau melalui pendekatan observasi dan wawancara mendalam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gerakan Yoga dapat mengembangkan kreativitas seseorang. Bentuk penelitiannya adalah deskriptif kualitatif. Hasil yang ditemukan di dalam penelitian yaitu gerakan Yoga berupa Suryanamaskar, Pranamaya, dan Savasana dapat membantu mengembangkan kreativitas pada diri seseorang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kreativitas yang dikembangkan dalam gerakan Yoga seperti Suryanamaskar, Pranamaya, dan Savasana merupakan salah satu bentuk dari komunikasi yang mampu menghasilkan suatu karya yang dihasilkan oleh seseorang. Karya tersebut tentunya dihasilkan oleh seseorang yang bekerja di bidang industri kreatif.

Article Details

How to Cite
Ridasti, R. I. (2018). Yoga dan Kreativitas (Gerakan Yoga Suryanamaskar, Pranamaya, Savasana). Koneksi, 1(1), 152–157. https://doi.org/10.24912/kn.v1i1.1373
Section
Articles
Author Biography

Rabiati Ismi Ridasti, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Meleong, Lexy J. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Munandar, S.C.U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta dan Dep. Pendidikan dan Kebudayaan.

Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.