Pergeseran Opini Pengguna Twitter terhadap Public Figure (Studi Tentang Followers Mario Teguh)

Patricia Oktaviane, Eko Harry Susanto, Kurniawan Hari Siswoko

Abstract


Penulis membahas mengenai perubahan opini yang terjadi pada followers motivator Mario Teguh. Perubahan opini ini dlihat melalui akun Twitter Mario Teguh dimana penulis melihat bagaimana tanggapan yang diberikan oleh pengguna Twitter kepada Mario Teguh. Tanggapan pengguna Twitter dibagi menjadi 3 bagian, yaitu: sebelum terjadinya isu, ketika terjadinya isu dan setelah terjadinya isu. Dari 3 bagian tanggapan tersebut akan dilihat bagaimanakah opini yang diberikan oleh pengguna Twitter terhadap tweet yang disampaikan Mario Teguh. Penulis meneliti hal tersebut dengan menggunakan analisis isi. Tanggapan-tanggapan yang diterima oleh Mario Teguh akan dibagi menjadi pro, kontra atau netral dan hal inilah yang akan menentukan pergeseran opini yang terjadi. Dalam penelitian ini penulis menyarankan agar pengguna Twitter dapat lebih seletif memilih panutan di media sosial dan dapat lebih berhati-hati dalam pemilihan kata yang akan digunakan dalam media sosial.


Keywords


Opini Publik; Twitter; Motivator

References


Ardianto, Elvinaro, dkk. (2010). Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Jakarta: Simbiosa Rekatama Media.

Badri, Muhammad. (2011). Corporate and Marketing Communication. Jakarta: Universitas Mercu Buana.

Bogdan & Taylor. (1975). Dalam S. Moleong Lexy (1989). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya.

Brogan, Chris. (2010). Social Media 101: Tactics and Tips to Develop Your Business Online. New Jersey: John Wiley & Son.

Bungin, Burhan. (2006). Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.