Strategi Komunikasi Politik Relawan Tim Ahok - Djarot Pada Pilkada 2017
Main Article Content
Abstract
Strategi pada hakikatnya adalah perencanaan (planning) dan manajemen (management) untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Strategi komunikasi merupakan paduan dari manajemen komunikasi dengan perencanaan komunikasi untuk mencapai satu tujuan (Effendy,2003:301). Strategi Komunikasi harus direncanakan secara efektif dan efisien agar memberikan kontribusi yang luar biasa pada keberhasilan. Pada penelitian ini, penulis membahas tentang strategi komunikasi politik yang dilakukan oleh relawan tim Ahok-Djarot untuk dapat memenangkan Pilkada 2017. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dalam bentuk studi kasus, data yang akan dianalisis didapat dari hasil wawancara dengan dua narasumber yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi utama yang dilakukan oleh relawan Ahok-Djarot adalah dengan memberikan informasi tentang hasil yang telah dicapai oleh Ahok-Djarot. Lewat strategi ini para relawan tim pemenangan Ahok-Djarot menunjukan bahwa Ahok dan Djarot memberikan bukti bukan janji.
Article Details
How to Cite
Handre, H. (2018). Strategi Komunikasi Politik Relawan Tim Ahok - Djarot Pada Pilkada 2017. Koneksi, 1(1), 94–98. https://doi.org/10.24912/kn.v1i1.1360
Section
Articles
This work is licensed under a Koneksi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Effendy, Onong Uchjana. (2003). Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti
Bungin, Burhan. (2011). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Predana Media Group
Basrowi & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta
Widjaja, H.A.W. (2010). Komunikasi : Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: PT Bumi Aksara