Strategi Komunikasi Politik Relawan Tim Ahok - Djarot Pada Pilkada 2017

Handre Handre

Abstract


Strategi pada hakikatnya adalah perencanaan (planning) dan manajemen (management) untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Strategi komunikasi merupakan paduan dari manajemen komunikasi dengan perencanaan komunikasi untuk mencapai satu tujuan (Effendy,2003:301). Strategi Komunikasi harus direncanakan secara efektif dan efisien agar memberikan kontribusi yang luar biasa pada keberhasilan. Pada penelitian ini, penulis membahas tentang strategi komunikasi politik yang dilakukan oleh relawan tim Ahok-Djarot untuk dapat memenangkan Pilkada 2017. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dalam bentuk studi kasus, data yang akan dianalisis didapat dari hasil wawancara dengan dua narasumber yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi utama yang dilakukan oleh relawan Ahok-Djarot  adalah dengan memberikan informasi tentang hasil yang telah dicapai oleh Ahok-Djarot. Lewat strategi ini para relawan tim pemenangan Ahok-Djarot menunjukan bahwa Ahok dan Djarot memberikan bukti bukan janji.

Keywords


Strategi Komunikasi; Komunikasi Politik; Relawan Politik

References


Effendy, Onong Uchjana. (2003). Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti

Bungin, Burhan. (2011). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Predana Media Group

Basrowi & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta

Widjaja, H.A.W. (2010). Komunikasi : Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: PT Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.