Motif Menggunakan Media WhatsApp Messenger Terhadap Kepuasan Dalam Menyampaikan Pesan (Studi Pada Remaja Di Jakarta)

Dewi Dewi, Eko Harry Susanto, Wulan Purnama Sari

Abstract


Media sosial saat ini telah menjadi media yang wajib dipakai oleh semua kalangan untuk melengkapi kegiatan komunikasi mereka. Salah satunya yang akan dibahas pada penelitian ini adalah WhatsApp Messenger. WhatsApp Messenger adalah media sosial yang saat ini sedang tren di kalangan dewasa. Biasanya WhatsApp Messenger dipakai sebagai media komunikasi para pekerja yang memiliki umur 20 hingga 35 tahun. Namun pada penelitian ini akan membahas pada kalangan remaja akhir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motif yang dimiliki dalam memakai WhatsApp Messenger serta tingkat kepuasan yang didapatkan dalam menggunakan WhatsApp Messenger. Jenis penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Penelitian ini memakai metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja akhir yang berada di DKI Jakarta dengan sampel penelitian sebanyak 130 responden. Hasil akhir dapat dilihat pada uji regresi linier sederhana sebesar 0,482 yang artinya memiliki pengaruh yang positif. Motif tertinggi ada pada motif integrasi dan interaksi sosial serta kepuasan tertinggi ada pada dimensi persepsi kualitas.


Keywords


motif; kepuasan; media sosial; WhatsApp

References


Heriyanto, A., Susanto, E. H. (2013). Fenomena Perilaku Imitasi Harlem Shake Melalui New Media (Youtube) di Jakarta. Jurnal Penelitian, 1, 101-109.

Indonesia Messenger Trend Report 2016. (2016, Februari 14). Retrieved March 17, 2017, from Jakpat Online: https://blog.jakpat.net/indonesia-messenger-trend-report-2016-free-report/.

Kriyantono, Rachmat. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Martono, Nanang. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder (Edisi Revisi) Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Nisfianoor, M. (2013). Pendekatan Statistika Modern. Jakarta: Universitas Trisakti.

Nurlailah., Azeharie, S. (2012). Pengaruh Program MTV Terhadap Gaya Hidup Remaja Jakarta. Jurnal Komunikasi, 1, 64-79.

Utari, P. (2011). Media Sosial, New Media dan Gender dalam Pusaran Teori Komunikasi. Bab Buku Komunikasi 2.0: Teoritisasi dan Implikasi. Yogyakarta: Aspikom.

Uyanto, Stanislaus S. (2009). Pedoman Analisis Data Dengan SPSS (Edisi 3). Yogyakarta: Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.