Representasi Feminitas Ayah (Analisis Semiotika Film Miracle In Cell No. 7)

Dennis Dennis

Abstract


Penelitian ini membahas tentang bagaimana feminitas direpresentasikan melalui film Miracle In Cell No. 7. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan paradigma yang bersifat kritis. Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasi adegan-adegan dalam film yang mengandung unsur feminitas. Analisis dalam penelitian ini dilakukan dengan menerapkan analisis Semiotika Charles Sanders Pierce. Hasil penelitian menunjukkan bahwa feminitas tidak hanya identik dengan karakter perempuan, laki-laki juga dapat menjadi seseorang yang memiliki sifat feminin. Selain itu, secara tidak langsung film ini menentang keberadaan budaya patriarki yang terdapat di Korea, dimana laki-laki yang pada umumnya berkuasa di negara Korea, dalam film ini berubah menjadi laki-laki yang dikuasai. Representasi feminitas dalam film ini diperlihatkan melalui penggambaran karakter ayah yang menunjukkan emosinya, seperti perasaan takut dan menangis. Selain itu, feminitas juga ditunjukkan melalui penggambaran karakter ayah yang tertindas, tidak berdaya, dan dikuasai.


Keywords


Representasi; Feminitas; Film; Semiotika

References


Basrowi & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta : Rineka Cipta.

Effendy, Onong Uchjana. (2007). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung : PT Citra Aditya Bakti.

Liliweri, Alo. (2011). Komunikasi : Serba Ada Serba Makna. Jakarta : Kencana.

Loisa, Riris dan Yugih Setyanto. (2014). Penyingkapan Diri Melalui Internet Di Kalangan Remaja (Studi Komunikasi Antar Pribadi). Jurnal Komunikasi Universitas Tarumanagara, 6(3), 31-43.

Sobur, Alex. (2004). Semiotika Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Utami, Lusia Savitri Setyo. (2015). Teori Adaptasi Antar Budaya. Jurnal Komunikasi Universitas Tarumanagara, 7(2), 152-167.

Virjana, I Made Nara (2014). Antara Gender, Maskulinitas dan Feminitas. Retrieved May 15, 2017 from scbrid: https://www.scribd.com/doc/220915418/Antara- Gender-Maskulinitas-Dan-Feminitas

Wibowo, Indrawan Seto. (2006). Semiotika Komunikasi Aplikasi Bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Wiryanto. (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.