Seksualitas dan Maskulinitas (Studi Semiotik Humor Porno Iklan Tongkat Ali)

Main Article Content

David Dwiki Putra

Abstract

Penelitian ini membahas tentang unsur maskulinitas dan humor porno pada Iklan Tongkat Ali dengan metode analisis semiotik Charles Sanders Pierce. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Objek dari penelitian ini adalah iklan Tongkat Ali (Tongli) dan subjeknya adalah realitas sosial yang berlaku dalam masyarakat Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Penulis mengumpulkan data berupa potongan adegan per adegan dari iklan Tongkat Ali (Tongli) yang berdurasi selama 30 detik. Periklanan masa kini memang dituntut untuk tampil sekreatif mungkin, sehingga dapat meninggalkan kesan pada audiensnya. Salah satu pendekatan yang efektif adalah dengan menggunakan unsur humor porno dalam iklan. Akan tetapi tidak selamanya humor porno dapat diterima dalam masyarakat dan menjadi hal yang tabu untuk diperbincangkan. Alasan yang cukup sering kita temui adalah karena alasan agama dan alasan moral. Dari analisis tanda-tanda yang ada dalam iklan Tongkat Ali dapat kita tarik kesimpulan bahwa penggambaran maskulinitas dalam iklan justru dapat menampilkan kelemahan pria pada umumnya.

Article Details

How to Cite
Putra, D. D. (2018). Seksualitas dan Maskulinitas (Studi Semiotik Humor Porno Iklan Tongkat Ali). Koneksi, 1(1), 52–57. https://doi.org/10.24912/kn.v1i1.1349
Section
Articles
Author Biography

David Dwiki Putra, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Kasali, Rhenald. 2007. Manajemen Periklanan. Jakarta: Grafiti

Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sarosa, Samiaji. 2012. Penelitian Kualitatif: Dasar-dasar. Jakarta: Indeks

Tinarbuko, Sumbo. 2009. Semiotika Komunikasi Visual Edisi Revisi. Yogyakarta: Jalansutra

Widyatama, Rendra. 2007. Pengaruh Periklanan. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher

Sobur, Alex. 2009. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sari, I. P. & Tony (2013). Brand Awareness Audience Terhadap Daya Tarik Humor Dalam Televisi Iklan Axis Versi Kembalian Lima Ratus. Jurnal Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara.

Utami, Lusia Savitri Setyo. (2015). Eksploitasi Seksulitas Dalam Koreografi Di Korean Pop Music Video. Karya Ilmiah, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara