Analisis Deskriptif Gaya Hidup Remaja Penggemar K-Pop Di Indonesia
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini membahas tentang gaya hidup remaja sebagai penggemar K-Pop di Indonesia. Kemajuan teknologi yang memudahkan penyebaran K-Pop kepada kalangan remaja di Indonesia. Para remaja menjadi penggemar fanatik K-Pop. Kalangan remaja juga telah menjadi konsumen potensial terhadap hal-hal yang berhubungan tentang idolanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara mendalam. Narasumber penelitian yakni para penggemar K-Pop dengan rentang usia 15-24 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup sebagai penggemar K-Pop adalah mengikuti perkembangan boyband atau girlband idola melalui internet, mengoleksi pernak-pernik dan merchandise, dance cover, bergabung dalam komunitas penggemar, dan mengunduh video musik, lagu, konser serta variety show. Ekspresi sebagai penggemar dilakukan dengan cara mendukung boyband dan girlband idola dalam ajang penghargaan. Salah satu ekspresi fanatisme penggemar adalah menonton konser dan menghadiri fan meeting.
Article Details
References
Kotler, Philip (2009). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Kriyantono, Rachmat. (2008). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Kencana Prenada Media Group
Moleong, Lexy J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Deddy. (2007). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Moh, N. (2011). Metode Penelitian. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia
Nurlailah., Azeharie, S. (2011). Pengaruh Program MTV Terhadap Gaya Hidup Remaja Jakarta.
Sarosa, S. (2012). Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Indeks
Wibowo. (2013). Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pers