Analisis Deskriptif Gaya Hidup Remaja Penggemar K-Pop Di Indonesia

Cahyaningsih Retnosari

Abstract


Penelitian ini membahas tentang gaya hidup remaja sebagai penggemar K-Pop di Indonesia.  Kemajuan teknologi yang memudahkan penyebaran K-Pop kepada kalangan remaja di Indonesia. Para remaja menjadi penggemar fanatik K-Pop. Kalangan remaja juga telah menjadi konsumen potensial terhadap hal-hal yang berhubungan tentang idolanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara mendalam. Narasumber penelitian yakni para penggemar K-Pop dengan rentang usia 15-24 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup sebagai penggemar K-Pop adalah mengikuti perkembangan boyband atau girlband idola melalui internet, mengoleksi pernak-pernik dan merchandise, dance cover, bergabung dalam komunitas penggemar, dan mengunduh video musik, lagu, konser serta variety show. Ekspresi sebagai penggemar dilakukan dengan cara mendukung boyband dan girlband idola dalam ajang penghargaan. Salah satu ekspresi fanatisme penggemar adalah menonton konser dan menghadiri fan meeting.


Keywords


Budaya populer; gaya hidup; K-Pop; penggemar remaja

References


Kotler, Philip (2009). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kriyantono, Rachmat. (2008). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Kencana Prenada Media Group

Moleong, Lexy J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. (2007). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Moh, N. (2011). Metode Penelitian. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia

Nurlailah., Azeharie, S. (2011). Pengaruh Program MTV Terhadap Gaya Hidup Remaja Jakarta.

Sarosa, S. (2012). Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Indeks

Wibowo. (2013). Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pers


Refbacks

  • There are currently no refbacks.