Pemanfaatan YouTube dalam Berkomunikasi dengan Khalayak (Studi Kasus Rapper Young Lex)

Main Article Content

Bunga Deviani
Eko Harry Susanto
Ahmad Djunaidi

Abstract

Media sosial YouTube saat ini dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan khalayak, salah satunya rapper asal Indonesia, Young Lex, yang menggunakan YouTube dalam berkomunikasi fans dan haters melalui rekaman audiovisual. Sebagai seorang youtuber, Young Lex dituntut untuk memberikan dan menerima pesan yang diberikan oleh netizen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan wawancara mendalam terhadap narasumber yaitu Young Lex. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sebagai seorang youtuber dan rapper, Young Lex menyampaikan pesan-pesannya melalui lirik lagu dan vlog (video blog)-nya. Young Lex juga menggunakan lirik lagu yang mudah diserap dan dimengerti sehingga pesan dapat tersampaikan kepada khalayak.

Article Details

How to Cite
Deviani, B., Susanto, E. H., & Djunaidi, A. (2018). Pemanfaatan YouTube dalam Berkomunikasi dengan Khalayak (Studi Kasus Rapper Young Lex). Koneksi, 1(1), 28–32. https://doi.org/10.24912/kn.v1i1.1342
Section
Articles
Author Biographies

Bunga Deviani, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Eko Harry Susanto, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Ahmad Djunaidi, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Alyusi, Shiefti Dyah. Media Sosial: Interaksi, Identitas dan Modal Sosial.

Jakarta: Kencana.

Junaidi, Ahmad. (2017). Media dan Keberagaman: Analisis Pemberitaan Media daring Seputar Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta.

Bungin, Burhan. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana.

Moleong, Lexy J ( 2007 ). Metodologi Penelitian Kualitatif .Edisi revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ruslan, Rosady. (2010). Metodologi Penelitian Public Relations dan Komunikasi Cetakan ke-5. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sarosa, Samiaji. (2012). Penelitian kualitatif Dasar-Dasar. Jakarta: Indeks.

Tarcisius, Jeffry. (2013). Pengaruh Media Sosial Twitter Dalam Memenangkan Pasangan Gubernur Jokowi-Ahok di Pemilukada DKI Jakarta.

Shinta, Elisabeth. (2011). Peran Media Sosial Facebook Dalam Komunitas Kaum Lesbi di Kota Tua

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >> 

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.