PR Crisis Melalui Media Sosial

Main Article Content

Gladys Carlina
Sinta Paramita

Abstract

The background of this research is communication, new media, PR and PR Crisis. Fourth of this background has a close relationship, starting from communication, human in everyday life would require communication to receive and convey information, human can not be released from human life. The advancement of the times and the development of technology, causing people to communicate easily and the development of this era caused a new challenge for the PR and PR Crisis of a company, they should be able to maintain a positive image of the company in the minds of people. In this study using descriptive qualitative methodology, it contains many writings and drawings compared to the numbers. The purpose of this research is to know the strategy used by Pizza Hut in dealing with the issue of expired food. Penelitin results, social media is very positive impact on Pizza Hut in the recovery of food issues expired. The strategy used by the Pizza Hut Crisis PR is to utilize social media. Visible from the issue of expired food that disappeared in public and Pizza Hut restaurant until now crowded visited.



Latar belakang dari penelitian ini yaitu komunikasi, media baru, PR dan PR Krisis. Keempat dari latar belakang ini mempunyai hubungan yang erat, dimulai dari komunikasi, manusia di dalam kehidupan sehari-hari tentunya memerlukan komunikasi untuk menerima dan menyampaikan informasi, manusia tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Majunya perkembangan zaman dan perkembangan teknologi, menyebabkan manusia melakukan komunikasi dengan mudah dan perkembangan zaman ini menyebabkan adanya tantangan baru bagi para PR dan PR Krisis sebuah perusahaan, mereka harus bisa mempertahankan citra positif perusahaan di benak masyarakat. Dalam penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif deksriptif, memuat banyak tulisan dan gambar dibandingkan angka-angka. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh Pizza Hut dalam menangani isu makanan kedaluwarsa. Hasil penelitin,media sosial sangat membawa dampak positif bagi Pizza Hut dalam pemulihan isu makanan kedaluwarsa. Strategi yang digunakan oleh PR Krisis Pizza Hut adalah dengan memanfaatkan media sosial. Terrlihat dari isu makanan kedaluwarsa yang menghilang di public dan restoran Pizza Hut sampai saat ini ramai dikunjungi.

 


Article Details

How to Cite
Carlina, G., & Paramita, S. (2017). PR Crisis Melalui Media Sosial. Jurnal Komunikasi, 9(1), 81–86. https://doi.org/10.24912/jk.v9i1.211
Section
Articles
Author Biographies

Gladys Carlina, Universitas Tarumanagara (UNTAR)

Fakultas Ilmu Komunikasi

Sinta Paramita, Universitas Tarumanagara (UNTAR)

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Bungin, Burhan. (2011). Penellitian kualitatif : komunikasi, ekonomi, kebijakan publik, dan ilmu sosial lainnya. Jakarta: Kencana.

Moleong, Lexy. (2011). Metodologi penelitian kualitatif, Edisi revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.

Nova, Firsan. (2009). Crisis public relations: Bagaimana PR menangani KrisisPerusahaan. Jakarta: PT Grasindo.

Raco. (2010). Metode penelitian kualititatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya. Jakarta: PT Grasindo

Santana, Septiawan. (2003). Jurnalisme investigasi. jakarta: Yayasan Obor Indonesia