Peran Public Relations Kepolisian Republik Indonesia Melalui Media Relations Dalam Membangun Citra Yang Lebih Baik

Main Article Content

Farleni Farleni
Widayatmoko Widayatmoko

Abstract

Abstract

This study discusses the role of the Indonesian National Police Public Relations Media Relations through in building a better image and public opinion on the image of the Indonesian National Police. Through this study, the authors found less relevance of the role of the Indonesian National Police Public Relations Media Relations through in building a better image with the public opinion against the image of the Indonesian National Police. Such conditions must still indicates a lack of effective efforts made by the Indonesian National Police Public Relations in persuading people to give a good assessment of the institutions they represent, namely the National Police Force of the Republic of Indonesia. In addition, the authors also find one of the other factors that influence the poor image of the Indonesian National Police in society. These factors are the performance of the members of the Indonesian National Police in the Indonesian Police duties as well as providing services to people who are less well regarded by the community. It is relied on by because people see there are many members of the Indonesian National Police are being unfair and not consistent in carrying out the duties of Indonesian National Police, through the knowledge and experience of both direct and indirect public.

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang peran Public Relations Kepolisian Republik Indonesia melalui Media Relations dalam membangun citra yang lebih baik dan pendapat masyarakat terhadap citra Kepolisian Republik Indonesia. Melalui penelitian ini, penulis mendapati kurang relevannya antara peran Public Relations Kepolisian Republik Indonesia melalui Media Relations dalam membangun citra yang lebih baik dengan pendapat masyarakat terhadap citra Kepolisian Republik Indonesia. Kondisi yang seperti itu tentunya menandakan masih kurang efektifnya upaya yang telah dilakukan oleh Public Relations Kepolisian Republik Indonesia dalam mempersuasi masyarakat untuk memberikan penilaian yang baik terhadap lembaga yang diwakilinya, yaitu lembaga Kepolisian Republik Indonesia. Selain itu, penulis juga menemukan salah satu faktor lainnya yang turut mempengaruhi buruknya citra Kepolisian Republik Indonesia dalam masyarakat. Faktor tersebut ialah kinerja para anggota Kepolisian Republik Indonesia dalam menjalankan tugas Kepolisian Republik Indonesia sekaligus memberikan pelayanan pada masyarakat yang dipandang masih kurang baik oleh masyarakat. Hal tersebut didasarkan oleh karena masyarakat menemui masih ada banyaknya para anggota KepolisianRepublik Indonesia yang bersikap tidak adil serta tidak konsisten dalam melaksanakan tugas Kepolisian Republik Indonesia, baik melalui pengetahuan maupun pengalaman langsung dan tidak langsung masyarakat.

Article Details

How to Cite
Farleni, F., & Widayatmoko, W. (2016). Peran Public Relations Kepolisian Republik Indonesia Melalui Media Relations Dalam Membangun Citra Yang Lebih Baik. Jurnal Komunikasi, 6(1), 12–23. https://doi.org/10.24912/jk.v6i1.21
Section
Articles
Author Biographies

Farleni Farleni, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Widayatmoko Widayatmoko, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Amar, Boy Rafli. (2013). Grand Strategi Pencitraan Polri: Kerjasama Membangun Opini Publik dengan Media Massa demi Terbangunnya Kamdagri. Linea Pustaka.

Ardianto, Elvinaro. (2011). Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Ardianto, Elvinaro. (2013). Handbook of Public Relations: Pengantar Komprehensif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Cutlip, Scott M., et al. (2006). Effective Public Relations. Jakarta: Kencana.

Iriantara, Yosal. (2008). Media Relations: Konsep, Pendekatan, dan Praktik. Bandung:

Simbiosa Rekatama Media.

Ishak, dkk. (2011). Public Relations and Corporate Social Responsibility. Yogyakarta:

ASPIKOM.

Kasali, Rhenald. (2008). Manajemen Public Relations: Konsep dan Aplikasinya di

Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Kriyantono, Rachmat. (2008). PR Writing: Teknik Produksi Media Public Relations dan

Publisitas Korporat. Jakarta: Kencana.

Nurjaman dan Umam. (2012). Komunikasi dan Public Relations. Bandung: CV Pustaka

Setia.

Nurudin. (2008). Hubungan Media Konsep dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo

Persada.

Oliver. (2007). Strategi Public Relations. Jakarta: Erlangga.

?ISSN 2085-1979 22

Jurnal Komunikasi Universitas Tarumanagara, Tahun VI/01/2014

Ruslan, Rosady. (2006). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ruslan, Rosady. (2008). Etika Kehumasan Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ruslan, Rosady. (2010). Metode Penelitian: Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Severin, Tankard. (2008). Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, & Terapan di Dalam Media Massa. Jakarta: Kencana.

Siregar, Amir Effendi, dkk. (2010). Potret Manajemen Media di Indonesia. Yogyakarta: Total Media.

Vivian, John. (2008). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Kencana.