Implementasi Kegiatan Corporate Social Responsibility “Go Green Economic” Berbasiskan Kearifan Lokal

Main Article Content

Aat Ruchiat Nugraha

Abstract

Abstract

Concern and responsibility for company/industry is one concrete manifestation of external relations in the form of community development programs through Corporate Social Responsibility (CSR) in the form of intensive training to entrepreneurs, small and micro enterprises (UKMM) Traditional Batik craftsmen. In one implementation of CSR programs PT. Indocement Tunggal Perkasa is doing activities to educate, train and provide capital to the rural artisans of traditional batik Cirebon palimanan Ciwaringin districts by utilizing renewable natural resources. The results of this CSR program showed to significan an increase in economic aspect, social aspect and environmental aspect awareness to the community about the PT. Indocement Tunggal Perkasa Tbk.

Abstrak

 

Kepedulian dan tanggung jawab perusahaan/industri merupakan salah satu wujud nyata dari eksternal relations berupa program pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam bentuk pembinaan intensif terhadap pelaku usaha kecil mikro menengah (UKMM) Pengrajin Batik Tradisional. Dalam implementasi salah satu program CSR PT. Indocement Tunggal Perkasa yaitu melakukan kegiatan mendidik, melatih dan memberikan modal kepada para pengrajin batik tradisional di desa Ciwaringin kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon dengan memanfaatkan sumber daya alam yang terbarukan. Hasil program CSR ini menunjukkan adanya peningkatan secara yang cukup signifikan pada aspek ekonomis, sosial dan kesadaran lingkungan bagi masyarakat sekitar PT. Indocement Tunggal Perkasa, Tbk.  

 

 

Kata Kunci: 

Article Details

How to Cite
Nugraha, A. R. (2016). Implementasi Kegiatan Corporate Social Responsibility “Go Green Economic” Berbasiskan Kearifan Lokal. Jurnal Komunikasi, 7(2), 118–128. https://doi.org/10.24912/jk.v7i2.12
Section
Articles
Author Biography

Aat Ruchiat Nugraha, Universitas Padjadjaran

Program Studi Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Ambadar, Jackie. (2008). CSR dalam Praktik di Indonesia. Jakarta: PT. Elek Media Komputindo Kompas Gramedia.

Ardianto., & Dindin M. Machfudz. (2011). Efek Kedermawanan Pebisnis dan CSR. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Budimanta, Arif. Dkk. (2004) .Corporate Social Responsibility: Jawaban Bagi model Pembangunan Indonesia Masa Kini. Jakarta: ICSD.

Hadi, Nor. (2011). Corporate Social Responsibility. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kartini, Dwi. (2009). Corporate Social Responsibility: Transformasi Konsep Sustainability Management Dan Implementasi Di Indonesia. Bandung: PT. Refika Aditama.

Nursahid, Fajar. (2008). CSR bidang Kesehatan & Pendidikan: Mengembangkan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Indonesia Business Links.

Solihin, Ismail. (2008). Corporate Social Responsibility From Charity to Sustainability. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Susanto, A.B. (2009). Reputation-Driven Corporate Social Responsibility Pendekatan Strategic Management dalam CSR. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Suyono, Eko. (2010). Corporate Social Responsibility antara Harapan dan Realitas. Bandung: UNPAD PRESS.