Diseminasi Informasi Terkait Pariwisata Berwawasan Lingkungan dan Budaya Guna Meningkatkan Daya Tarik Wisatawan (Studi pada Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat)

Yugih Setyanto, Septia Winduwati

Abstract


Tourism is a huge potential owned by the regions in Indonesia. Many areas in Indonesia that actually has an interesting potential to be developed into tourism object. In order for the potential to have a selling power that attracts potential tourists to come should be disseminated information about the object. The process of information dissemination is adjusted to various things such as the intended audience and what potentials need to be known by the audience. Therefore, each local government has the authority in developing and promoting tourism potential that exists. The local government seeks the promotion of regional tourism potentials through dissemination of information to the public. Roles and functions are carried out so that the potential of tourism areas that are environmentally and culturally relevant tourism can be maximally known by the public and increase the attractiveness of tourists, especially domestic and foreign tourists.

 

Penelitian ini merupakan studi terkait upaya diseminasi informasi di bidang komunikasi pariwisata. Pariwisata merupakan potensi yang sangat besar dimiliki oleh daerah-daerah di Indonesia. Banyak daerah di Indonesia yang sebenarnya memiliki potensi yang menarik untuk dikembangkan menjadi objek pariwisata. Agar potensi tersebut memiliki daya jual yang menarik minat calon wisatawan untuk datang harus dilakukan penyebaran informasi mengenai objek tersebut. Proses diseminasi informasi disesuaikan berbagai hal misalnya khalayak yang dituju dan potensi apa yang perlu diketahui oleh khalayak. Oleh sebab itu, masing-masing pemerintah daerah memiliki otoritas dalam mengembangkan serta mempromosikan potensi wisata yang ada. Pemda mengupayakan promosi potensi wisata daerah melalui diseminasi informasi ke publik. Peran dan fungsi tersebut dilakukan sehingga potensi wisata daerah yakni pariwisata yang berwawasan lingkungan dan budaya bisa secara maksimal dikenal oleh masyarakat dan meningkatkan daya tarik wisatawan, khususnya turis dalam dan luar negeri. 


Keywords


Communication; Information dissemination; Tourism Communication; komunikasi; Diseminasi informasi; Komunikasi Pariwisata

Full Text:

PDF

References


Effendy, Onong Uchyana. (1999). Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Effendy, Onong Uchyana. (2004). Dinamika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Indonesia Travel. (2013, November 16). Wonderful Indonesia – Lombok. Retrieved Januari 19, 2015, from Youtube: https://www.youtube.com/watch?v=BbkFE_K_t0c

Kampus AS Siap Bantu Kembangkan Ecotourism NTB. (2016, Maret 26). Retrieved Juni 23, 2016, from Okezeno Online: http://news.okezone.com/read/2016/03/26/65/1346140/kampus-as-siap-bantu-kembangkan-ecotourism-ntb

Levine, Michael. (2003). A Branded World: Adventures in Public Relations and the Creation of Superbrands. USA: John Wiley & Sons, Inc.

Lombok. Retrieved Januari 19, 2015, from website pesona Indonesia: http://pesona.indonesia.travel/destinasi/bali-kepulauan-nusatenggara/nusa-tenggara-barat/lombok-2/

Nova, Firsan. (2009). Crisis Public Relation: Bagaimana PR Menangani Krisis Perusahaan. Jakarta: Grasindo.

Peraturan Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republiik Indonesia. Diakses pada 19 Januari 2015. data terarsip di: http://parekraf.go.id/userfiles/file/PERMEN%20PAREKRAF%20FINAL%2013%2002%202012.pdf

Rakhmat, Jalaluddin. (1996). Psikologi Komunikasi, cetakan 10. Bandung: Rosdakarya.

Roudhonah. (2007). Ilmu Komunikasi. Jakarta: UIN Jakarta Press.

Tren Pariwisata NTB Terus Meningkat. (2015, November 12). Retrieved Desember 20, 2015, form Kompas Online: http://travel.kompas.com/read/2015/12/11/182500627/Tren.Pariwisata.NTB.Terus.Meningkat

Tulung, H. Freddy. (2014). Berkomunikasi di Ruang Publik: Implementasi Kehumasan Pemerintah. Indonesia: Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementrian Komunikasi dan Informatika RI.

Welch-Ross, Mellisa K., & Fasig, Lauren G. (2007). Handbook on Communicating and Disseminationg Behavioral Science. USA: Sage Publication, Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Our Journal Indexed By: 

          

========================================================================================

Creative Commons License

JK by http://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

========================================================================================

     

Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara Jln. S. Parman No:1 Lantai 11 Gedung Utama Jakarta Barat: 11440
Phone : 021-5671747 (hunting)
Fax : 021-56958736, 56044