STUDI PERUBAHAN KINERJA PELAKU RITEL DAN POLA BELANJA KONSUMEN PADA PUSAT PERBELANJAAN SEKITAR PASCA OPERASIONALISASI MALL BINTARO XCHANGE (STUDI KASUS BINTARO PLAZA DAN LOTTE MALL)

Main Article Content

Thyoria Mariska Girsang
Nasiruddin Mahmud
Erwin Fahmi

Abstract

Bintaro Xchange Mall yang beroperasi pada akhir tahun 2013, merupakan pusat perbelanjaan terbaru, terbesar, dan paling strategis di kawasan Bintaro Jaya. Sebelum ke Bintaro Xchange Mall, 2 pusat perbelanjaan serupa beroperasi di kawasan Bintaro Jaya, yaitu Bintaro Plaza dan Lotte Mall. Kehadiran Bintaro Xchange Mall diindikasikan berimbas pada perubahan kinerja ritel di pusat perbelanjaan yang ada serta perilaku belanja konsumen. Studi teoritis menjelaskan bahwa ada 12 faktor yang menentukan keberhasilan pusat perbelanjaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi perubahan kinerja ritel dan perilaku belanja konsumen, dan bagaimana hal ini berkaitan dengan persepsi konsumen terhadap faktor-faktor keberhasilan pusat perbelanjaan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis komparatif dan korelasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa telah terjadi perubahan kinerja pengecer dan perilaku belanja konsumen di Bintaro Plaza dan Lotte Mall pasca operasionalisasi Bintaro Xchange Mall. Hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa perubahan kinerja ritel berpengaruh signifikan terhadap perubahan perilaku belanja konsumen, sedangkan perubahan perilaku belanja konsumen berkorelasi signifikan dengan persepsi konsumen terhadap 12 aspek pusat perbelanjaan. Oleh karena itu disimpulkan bahwa perubahan kinerja ritel berhubungan secara tidak langsung dengan konsumen yang tanggap pada pusat perbelanjaan.

Article Details

Section
Articles

References

Farchan, T. (2016). Analisa Sosial Ekonomi Pembangunan Pusat Perbelanjaan Modern: Studi Kasus

Pembangunan Lotte Mall Di Kecamatan Pondok Aren Tangerang Selatan 2010. Jurnal

Renaissance, 5(16): 1-10.

Ghei, N. (2012). Opening Speech. India Shopping Centre Forum, May 8-9 2012, Mumbai.

Levy, M. & Weitz, B. A. (2008). Retailing Management. New York: McGraw-Hill Irwin.

Manser, M. H. (1995). Oxford Learner’s Pocket Dictionary. Oxford: Oxford University Press.

Neo, L. W. K. & Wing, T. K. (2005). The 4Rs of ASIAN Shopping Center Management. Singapore:

Marshall Cavendish Academic.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 112 Tahun 2007 tentang Penataan dan Pembinaan

Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern.

Stillerman, J.& Salcedo, R. (2012). Transposing the Urban to the Mall: Routes, Relationships, and

Resistance in Two Santiago, Chile, Shopping Centers. Contemporary Ethnography, 41(3):

-336.