PENGARUH NILAI CBR TANAH DASAR DAN MUTU BETON TERHADAP TEBAL PELAT PERKERASAN KAKU METODE BINA MARGA

Main Article Content

Ni Luh Putu Shinta
Widodo Kushartomo
Mikhael Varian

Abstract

Untuk menentukan tebal pelat Perencanaan perkerasan kaku memerlukan beberapa parameter seperti nilai CBR tanah dasar, mutu beton, dan beban lalu lintas. Kondisi di lapangan dalam setiap seksi panjang jalan seringkali memiliki nilai CBR yang berbeda, ini berdampak pada perencanaan sehingga membutuhkan waktu cukup lama dalam menghitung tebal pelat. Proses perhitungan juga membutuhkan waktu dan ketelitian jika dilakukan secara manual. Penelitian ini menggunakan parameter tanah dasar dari nilai: CBR 3% sampai dengan 11%, dan mutu beton yang digunakan dalam perencanaan adalah K200, K225, K250, K275 dan K300. Penelitian menghasilkan metode yang lebih sederhana untuk merencanakan suatu perkerasan kaku yaitu dengan mempergunakan grafik hubungan antara nilai CBR, mutu beton, dan tebal pelat beton untuk menentukan tebal pelat yang dibutuhkan. Grafik diperoleh berdasarkan metode Bina Marga 2002 dan telah divalidasi dengan tingkat keakuratan yang cukup signifikan.

Kata kunci : Perkerasan, CBR, beton, pelat, Bina Marga.

Article Details

Section
Articles

References

AASHTO. (1993). "Guide for Design of Pavement Structures", Washington DC.

Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional IV. (2005). "Detailed Engineering Design and

Construction Supervision of Tanjung Priok Access Road Construction Project, phase 1".

Jakarta.

Bowles, E. Joseph. (1986). "Sifat-sifat Geoteknis Tanah (Mekanika Tanah), Erlangga, Jakarta.

Direktorat Jenderal Bina Marga. (2003). "Perencanaan Perkerasa Jalan Beton Semen (Pd T-14-

”.BSN

Suprapto. (1994). "Bahan dan Struktur Jalan Raya", Biro Penerbit Teknik Sipil UGM,

Yogyakarta.

Tuleubekov, K. (2014). “Corelation between Subgrade Reaction Modulus and CBR for Airport

Pavement Subgrades”, T&DI Congress ASCE.

Zhou, Wujun. (2015). “Evaluation of Pavement Support for Pavement Design”, J Transport Eng.

ASCE.

Jaya, Fery Hendi. (2016). “Analisis Rancangan Perbandingan Metode (Bina Marga Dan

AASHTO 1993) Konstruksi Perkerasan Jalan Beton Dengan Lapis Tambahan Pada

Kondisi Existing”, Tapak Vol.5 No.2. ISSN 2089-2098. Bandar Lampung.